Ini Alasan Rossi Berbicara dengan Motornya dan Momen Ia Merasa Takut Jelang Balapan

Valentino Rossi/Crash

FAJAR.CO.ID, JEREZ—Rider gaek MotoGP, Valentino Rossi buka-bukaan soal kebiasaan yang kerap ia lakukan jelang balapan. Termasuk berbicara dengan motornya dan perasaannya menjelang balapan.

Pembalap berusia 41 tahun menjelaskan, berjongkok di samping motornya sebelum balapan adalah kebiasaan wajibnya. Ia mengaku berkomunikasi dengan tunggangannya untuk memastikan bahwa mereka akan berjuang bersama.

“Biasanya sebelum start aku berjongkok di samping sepeda motorku, aku berbicara dengannya. Aku katakan padanya bahwa sejak saat itu hanya aku dan dia, bahwa kita akan mencoba untuk naik podium dan bahwa dia harus membantuku,” beber Rossi di Crash.

Ia menegaskan, dirinya sangat percaya pada komunikasi dia dengan motornya. “Dia belum pernah menjawab saya, tetapi saya sangat mempercayainya. Jika dia berbicara kepada saya, saya tidak akan terkejut!” tegasnya.

Momen ini menurut Rossi akan sangat ia rindukan kelak ketika sudah pensiun. “Ketika saya berhenti balap, perasaan inilah yang paling saya rindukan, sebelum memulai balapan,” jelas rider Italia tersebut.

Menurut Rossi, sebelum balapan berlangsung, ada perasaan benar-benar luar biasa. “Anda memiliki banyak adrenalin dan keinginan untuk berpadu dengan baik dengan rasa takut membuat kesalahan adalah perasaan yang tak terlupakan,” tuturnya.

Ia mengakui, perasaan takut muncul sesaat setelah balapan Moto2 berlangsung. “Banyak pembalap berlomba hanya untuk (intensitas) apa yang Anda rasakan setelah pemanasan sampai Anda berada di grid. Tetapi saat terburuk adalah ketika Moto2 dimulai, karena Anda mulai takut, Anda tahu bahwa segera setelah itu adalah giliran Anda. Lalu ketika lampu hijau padam, kamu melaju. Kamu hampir masuk ke dimensi lain,” kata Rossi. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...