SBY: Masing-masing Lockdown, Tak Perlu Lockdown Kota-kota

Senin, 23 Maret 2020 13:47

Susilo Bambang Yudhoyono

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi kesigapan, kecepatan, dan kerja sama yang ditunjukkan pemerintah dalam memerangi virus corona di tanah air.

SBY meminta masyarakat patuh dan disiplin atas apa yang telah diimbau pemerintah, termasuk menerapkan social distancing pada diri sendiri.

“Mari kita dukung pemerintah, dengan melakukan apa yang diharapkan & diinstruksikan pemerintah. Sudah satu minggu ini saya & keluarga tinggal di rumah. Membatasi kegiatan & tidak ke mana-mana. Terus ikuti perkembangan situasi di Indonesia & negara-negara lain,” tulis SBY di akun Twitter pribadinya @SBYudhoyono, sebagaimana dikutip fajar.co.id, Senin (23/03/2020).

Menurut SBY, wacana pemberlakuan lockdown belum begitu mendesak. Ia menghimbau masyarakat untuk mengkarantina diri sendiri di rumah masing-masing agar penyebaran Covid-19 bisa dibatasi.

“Kalau masing-masing lakukan “lockdown” atau “mengkarantina diri sendiri”, tak perlu dilakukan “lockdown” di kota-kota. Penyebaran COVID-19 bisa kita batasi. Seperti negara lain, “lockdown” dilakukan hanya jika terpaksa, guna menyelamatkan jiwa penduduk,” tegas SBY.

“Yang sangat penting, marilah kita cegah pertemuan yang menghadirkan banyak orang (social distancing). Di manapun, kita pelihara jarak antar manusia (physical distancing), sekitar 1,5 – 2 meter. Ini keadaan darurat. Jangan dianggap mengada-ada,” sambungnya.

SBY optimis bencana nasional bisa diatasi jika rakyat Indonesia bersatu. Ia pun memantik semangat untuk Presiden Jokowi beserta jajarannya untuk terus melakukan upaya maksimal demi kemaslahatan bangsa.

Bagikan berita ini:
1
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar