Virus Corona Tak Terbendung, Pemerintah Didesak Terapkan Karantina Wilayah

Senin, 23 Maret 2020 08:48

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pertumbuhan angka penularan virus corona baru (COVID-19) setiap hari semakin tinggi. Indonesia hingga saat ini juga belum bisa mengendalikan penyebaran virus.

Oleh karena itu, untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, pemerintah diminta mengeluarkan kebijakan karantina pada area-area tertentu.

Hal ini penting dilakukan agar nantinya pemerintah tak kewalahan apabila terjadi lonjakan drastis jumlah warga yang terpapar virus, seperti yang terjadi di sejumlah negara lain yang gagap mengantisipasi dan menangani wabah virus korona baru (COVID-19).

“Segera mempertimbangkan pemberlakuan karantina untuk area-area tertentu,” ujar Ketua Forum Pemred Indonesia, Kemal Gani berdasarkan rilis yang ditulis di Jakarta, Minggu (22/3), dikutip dari ANTARA.

Agar kebijakan karantina berhasil, pemerintah diminta membuat aturan yang mengikat dan berkekuatan hukum terkait kebijakan soal jaga jarak sosial (social distancing) di area-area tertentu.

Hal ini karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang melecehkan aturan tersebut, dengan kongkow di luar rumah seperti di tempat makan, kedai kopi, pesta pernikahan, tempat olahraga di dalam ruangan (gym) atau tempat ibadah.

Padahal, interaksi sosial seperti itu bisa menjadi rantai penyebaran yang massif, kendati orang-orang-orang yang berkumpul masih merasa sehat dan tak ada gejala flu dan sesak napas.

Hingga hari ini, pertumbuhan angka penularan masih tinggi. Bahkan berdasarkan hitungan beberapa pakar dari berbagai disiplin ilmu, terutama yang terkait bidang medis, pertumbuhan itu bisa lebih tidak terkendali lagi jika kebijakan social distancing tidak diperkuat oleh peraturan pemerintah yang mengikat dan berkekuatan hukum.

Bagikan berita ini:
3
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar