Anggota DPRD Sulsel Desak Pasien Positif Corona Ungkap Identitasnya

Selasa, 24 Maret 2020 17:50

Legislator PDIP & Gubernur Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPRD Sulsel, Rudy Pieter Goni, menyoroti salah satu kendala dalam pencegahan penularan Covid-19 adalah sulitnya mengungkap identitas pasien corona. Baik yang berstatus ODP, PDP, hingga yang dinyatakan positif terinfeksi corona.

Rudy meminta kesadaran masyarakat mau mengungkapkan terkait status dirinya agar petugas bisa secepatnya melakukan tracking atau memutus mata rantai penyebarannya.

“Kita berharap kesadaran masyarakat bahwa penyakit ini bukan aib, bukan kutukan, ini adalah sesuatu yang wajar dalam kondisi bencana biologis seperti ini. Dengan mereka mengungkap data, mereka menjadi pahlawan bagi kita semua,” papar Rudy saat ditemui fajar.co.id di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Selasa (24/3/2020).

Menurut Ketua Banggar DPRD Sulsel ini peran keluarga sangat vital dalam memberi dukungan moril kepada pasien agar mau jujur kepada masyarakat sekitarnya, atau kepada petugas medis untuk secepatnya dilakukan tracing.

“Peran keluarga pasien yang terpenting memberi dukungan moril bahwa tidak ada masalah diungkapkan, jangan takut. Kalau pemerintah tidak bisa memaksa, yang kami harapkan adalah keluarga mengungkap secara gamblang,” tegasnya.

Termasuk adanya stigma negatif di lingkungan tempat tinggal pasien, juga bisa diatasi jika pasien tersebut jujur dan terbuka. Misalnya saja yang telah dicontohkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wali Kota Bogor Bima Arya, artis Andrea Dian dan yang lainnya.

Bagikan berita ini:
3
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar