Komisi X DPR dan Kemendikbud Sepakat Tiadakan UN 2020

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Komisi X DPR RI menyepakati meniadakan Ujian Nasional (UN) 2020 dari tingkat SD hingga SMA. Seyogyanya, UN tahun 2020 ini menjadi yang terakhir dilaksanakan sebelum dihapus di tahun 2021.

Hanya saja keputusan meniadakan UN tahun ini diambil di tengah situasi gawat darurat virus corona (Covid-19). Keputusan ini sendiri diambil setelah rapat bersama melalui video conference pada Senin (23/3/2020) malam antara Kemendikbud dan Komisi X DPR.

Rapat tersebut membahas berbagai persoalan pendidikan di ujung masa akhir tahun pelajaran di tengah ancaman wabah virus Corona atau Covid-19.

Hasil rapat itu sendiri disampaikan Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda lewat akun Twitter-nya @SyaifulHooda.

"DARING MEETING: barusan selesai Rapat Daring dengan Mendikbud dan Jajaran; salah satu yang kita sepakati; Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SMA Ditiadakan," tulis Syaiful Huda.

Saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa, termasuk menggunakan nilai rapor.

“Dari rapat konsultasi via daring (dalam jaringan atau online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam rapor,” kata Ketua Syaiful Huda dalam siaran persnya.

Sebelumnya, Huda memang mendesak pemerintah untuk menghapus pelaksanaan UN di tahun ini. Langkah ini dimaksudkan untuk melindungi peserta didik didasarkan atas penyebaran Virus Corona yang kian masif.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan