Penelitian Terbaru: Penciuman dan Rasa di Lidah Hilang

Selasa, 24 Maret 2020 09:12

Pasien bisa kehilangan indera penciuman dan pengecap sata terinfeksi COVID-19.

FAJAR.CO.ID, — Bukan hanya demam, flu atau sakit tenggorokan, para peneliti menemukan gejala baru saat seseorang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Apa itu?

Dari gejala-gejala yang sudah sering disampaikan, disebutkan bahwa sejumlah pasien bisa kehilangan indera penciuman dan pengecap sata terinfeksi COVID-19. Hal ini bermula dari pengakuan seorang pasien asal Italia.

Sebelum dinyatakan positif terinfeksi virus corona, pasien tersebut mengaku mengalami sejumlah gejala. Termasuk kelelahan, demam, dan batuk. Namun ternyata, dia juga mendapati beberapa gejala baru yakni, hilangnya indera penciuman dan pengecap.

Pasien itu baru menyadarinya saat tengah membersihkan apartemen. Kala itu, dia mengaku tidak dapat mencium bau dari cairan pembersih lantai yang umumnya menimbulkan aroma menyengat. Bahkan, saat menumis bawang putih di atas penggorengan pun dia sama sekali tidak dapat mencium aromanya.

pasien

Tak berhenti di situ saja. Ketika hendak mencicipi sayuran yang diolah dengan bumbu-bumbu beraroma kuat, dia juga tidak dapat merasakan cita rasanya.

Secara anekdot, sejumlah ahli medis menyatakan bahwa sebagian besar pasien positif corona turut mengalami gejala serupa. Namun hingga saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut terkait gejala-gejala baru tersebut

Sebab, para dokter di Italia dilaporkan sedang kewalahan dalam menangani pasien virus corona yang jumlahnya terus bertambah. Bahkan, mereka kini ikut berjuang bertahan hidup sembari memberikan perawatan medis kepada ribuan pasien.

Bagikan berita ini:
4
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar