Proyek Ambisius Barcelona

0 Komentar

Lautaro Martinez EFE/EPA/MATTEO BAZZI

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona siap menggebrak di bursa transfer musim panas mendatang. Raksasa Catalan yang ingin kembali berkuasa di Eropa saat ini sudah menyusun daftar belanja untuk proyek ambisius mereka.

ADA lima nama yang diklaim menjadi buruan utama Blaugrana ketika jendela transfer sudah dibuka beberapa pekan ke depan. Kelima pemain itu yakni, Neymar, Lautaro Martinez, Nicolas Tagliafico, Fabian Ruiz, dan Aymeric Laporte.

Dikutip dari Everything Barcelona, hampir seluruh nama-nama itu adalah rekomendasi dari sang kapten, Lionel Messi. Superstar Argentina itu kabarnya sudah mendesak dewan untuk merekrut mereka, khusus Neymar dan Martinez.

Selain kelima pemain ini, dalam sepekan terakhir juga nama-nama seperti David Alaba, Pierre-emerick Aubameyang, Alex Telles, Pau Torres, Dayot Upamecano, Ibrahim Sangare, Boubakary Soumare, hingga Eduardo Camavinga. Namun, prioritas utamanya tetap pada mereka yang diminta Messi.

Mewujudkan perombakan besar ini bukanlah pekerjaan enteng. Yang paling sulit adalah mendatangkan Martinez dari Inter Milan. Itu karena Nerazzurri hanya akan menjual striker 22 tahun Barcelona itu dengan harga 111 juta euro.

Menebus klausul rilis, tampaknya tidak mungkin karena Barca juga perlu uang untuk Fabian Ruiz, Neymar, Nicolas Tagliafico, dan Laporte. Makanya, Barcelona sudah mulai menyusun rencana baru untuk mendapatkan Martinez.

Pelatih Inter, Antonio Conte bersedia bernegosiasi, tapi manajer Italia itu menuntut Arthur Melo sebagai imbalan. Permintaan itu membuat kubu Barca terpecah. Arthur dianggap sebagai pewaris Xavi Hernandez di Camp Nou dan kehadirannya bersama Frenkie de Jong diprediksi akan membuat Barca memiliki barisan lini tengah terbaik di dunia.

Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu dan petinggi klub lainnya sebenarnya bisa menggunakan gaya hidup hedonistik dan kedisiplinan Arthur sebagai alasan memenuhi keinginan Conte. Seperti diktahui, gelandang muda Brasil itu kecanduan berpesta dan suka melakukan kegiatan yang dilarang klub.

Barca bersikukuh bahwa jika Neymar kembali maka Arthur Melo tidak akan mengubah gaya hidupnya. Itu karena dia adalah teman dekat Neymar. Makanya, pilihan terbaik adalah menyingkirkan sang gelandang sebelum Neymar kembali.

Namun, Don Balon menyebut kemungkinan pertukaran Arthur Melo plus uang tunai untuk Martinez juga tidak segampang meniup kapas. Beberapa pemain berpengaruh klub adalah teman dekat Arthur. Mereka pun menentang pelepasan Arthur yang terkenal sangat menghargai rekan satu timnya.

Gerard Pique adalah salah satu pemain kunci yang memiliki pendapat penting dalam keputusan klub yang menentang “penyingkiran” Arthur. Bek veteran itu percaya bahwa Arthur adalah bakat langka dan gaya hidupnya yang buruk dapat diubah melalui bantuan profesional. Makanya, Pique berharap Messi dan Sergio Busquets mendukungnya agar Arthur bisa bertahan.

Karena niat membeli Martinez sangat serius, Diario Sport kemarin menurunkan laporan mengejutkan lainnya. Menurut mereka, demi memenuhi permintaan Messi, Barca akan mengorbankan Antoine Griezmann.

Diario Sport mengklaim, Blaugrana telah memutuskan akan melego Griezmann dengan harga 100 juta euro untuk mengumpulkan dana. Harga itu 20 juta euro lebih rendah dari jumlah yang dikeluarkan Barca ketika mendatangkan Griezmann dari Atletico Madrid, musim panas lalu.

Griezmann musim ini sudah mencetak 14 gol dan empat assist dalam 37 pertandingan kompetitif Barcelona. Namun, kontribusinya dianggap jauh di bawah ekspektasi. Dan PSG, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal adalah klub yang dilaporkan berminat pada Griez.

Khusus PSG, mereka berpotensi hanya bersedia melakukan pertukaran dengan Neymar daripada menggunakan uang tunai. Neymar sendiri sudah menyatakan “ya” ke Barca dan PSG sudah siap menurunkan harganya.

Kendati tak masuk rekomendasi Messi, El Mundo Deportivo melaporkan Barca juga sangat ngotot membajak bek andalan Manchester City, Aymeric Laporte. Pique yang makin tua serta Samuel Umtiti yang acapkali dirundung cedera membuat Barca membidik Laporte.

Laporan itu menyatakan bahwa Laporte yang akan berusia 26 tahun Mei nanti ingin tetap bermain di Liga Champions. Dan itu akan dimanfaatkan Blaugrana dalam pengejaran Laporte yang punya klausul rilis 65 juta euro. (amr)

Mereka dalam radar Barcelona

Neymar (PSG/penyerang sayap/28 tahun)

Lautaro Martinez (Inter Milan/penyerang tengah/22 tahun)

Nicolas Tagliafico (Ajax/bek sayap/27 tahun)

Fabian Ruiz (Napoli/gelandang/23 tahun)

Aymeric Laporte (Manchester City/bek tengah/25 tahun)

David Alaba (Bayern Munchen/bek dan gelandang/27 tahun)

Alex Telles (FC Porto/bek sayap kiri/27 tahun)

Pau Torres (Villareal/bek tengah/23 tahun)

Dayot Upamecano (RB Leipzig/bek tengah)

Ibrahim Sangare (Toulouse/gelandang/22 tahun)

Boubakary Soumare (Lille/gelandang/21 tahun)

Eduardo Camavinga (Rennes/gelandang/17 tahun)

Pierre-emerick Aubameyang (Arsenal/penyerang sayap/30 tahun)

Berpeluang pergi dari Camp Nou

Arthur Melo

Antoine Griezmann

Philippe Coutinho (saat ini dipinjam Bayern Munchen)

Ivan Rakitic

Arturo Vidal

Luis Suarez

Ousmane Dembele

Samuel Umtiti

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...