Warning Presiden FIFA untuk Liga Italia

0 Komentar

President FIFA, Gianni Infantino/Cyril NDEGEYA / AFP via Getty Images

FAJAR.CO.ID, ROMA—Presiden FIFA, Gianni Infantino memperingatkan sepakbola untuk bersiap menghadapi situasi terburuk akibat wabah virus corona. Khusus Serie A Italia, ia menegaskan scudetto bukan lagi yang terpenting.

Infantino menegaskan, dirinya tidak ingin menyarankan apa pun terkait penyelesaian Serie A. Ia juga mengatakan FIFA tidak punya hak “membagikan” trofi di Italia. Makanya, ia hanya sebatas mengingatkan bahwa kesehatan di atas segalanya.

“Tidak benar mengatakan sesuatu. Dan itu bukan keputusan FIFA. Jika ditanya, saya akan memberikan pendapat saya. Tapi sepakbola dan Scudetto, sepertinya bukan hal terpenting saat ini,” tegas Infantino kepada La Gazzetta dello Sport.

Tetapi, ia mengungkapkan bahwa sepak bola Italia musim ini sangat menarik. Seperti diketahui, Juventus yang meraih delapan scudetto beruntun saat ini mendapat perlawanan sengit dari Lazio dan Inter Milan.

Sebelum Serie A ditunda di giornata ke-26, Juventus hanya unggul satu angka di atas Lazio di klasemen sementara. “Sejauh ini, sangat menarik. Selamat untuk Juventus, Lazio dan Inter. Ya, memang, Atalanta telah melakukannya dengan sangat baik dengan mengejutkan semua orang di Liga Champions,” ujarnya.

Terkait sepak bola secara umum, Infantino mengatakan, “Dalam situasi seperti ini, kesehatan adalah prioritas utama dan diperlukan tindakan luar biasa. Itulah yang telah saya lakukan. Saya selalu siap membantu mereka yang membutuhkan. Hari ini, Eropa dan Amerika Selatan, besok mungkin orang lain. Itulah yang saya katakan kepada (Presiden UEFA, Aleksander) Ceferin di telepon.”

Presiden Brescia, Massimo Cellino sementara itu menegaskan bahwa musim Serie A saat ini sebaiknya dibatalkan karena pandemi virus corona. Ia menyerukan pejabat liga untuk memprioritaskan kesehatan masyarakat.

Menurut Cellino, semua orang harus melihat masalah ini secara realistis. Sama sekali kata dia tidak ada jalan Serie A bisa dilanjutkan. Makanya, ia menegaskan bahwa tidak perlu memikirkan kapan liga akan dimulai kembali musim ini setelah ditunda dua pekan lalu. Semua orang menurutnya harus fokus pada virus corona.

“Anda tidak perlu memikirkan kapan harus memulai lagi. Semuanya harus dipindahkan ke musim depan. Sudah waktunya untuk realistis, Tuan-tuan. Ini adalah wabah,” tegas Cellino kepada surat kabar Corriere dello Sport dikutip dari NBC Sport.

COVID-19 ini menurut Cellino sangat berbahaya. Italia sendiri saat ini menjadi negara dengan dampak paling parah kedua di dunia setelah China. Bahkan, jumlah kematian di Italia yang sudah melewati angka 4000 menjadi yang tertinggi di dunia melampaui China.

“Anda tidak bisa lagi bermain tahun ini. Pikirkan yang berikutnya. Beberapa orang masih tidak menyadari apa yang terjadi, dan orang-orang itu lebih buruk daripada virus. Saya tidak percaya pada mukjizat, saya sudah berhenti melakukannya sejak lama. Kami harus mengatur ulang,” tegasnya.

Beberapa tim Serie A dilaporkan bersemangat untuk melanjutkan pelatihan. Termasuk Napoli. Dan Cellino yang menjadi pemilik Leeds United dari 2014 hingga 2017 menegaskan, musim ini mesti dibatalkan. Saran itu menurutnya bukan untuk menyelamatkan Brescia dari degradasi dimana mereka kini di dasar klasemen dengan hanya 16 poin.

“Siapa pun yang menginginkan (gelar) terkutuk ini, ambillah. Itu sudah selesai. Dan saya tidak mengatakan ini karena Brescia adalah yang juru kunci. Kami yang terakhir karena kami pantas mendapatkannya, ” tegas Cellino. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...