IDI: Kalau Ada Keluhan, Jangan Sembunyi Diri itu Bahaya

Rabu, 25 Maret 2020 09:10

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Dr. Siswanto Wahab

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Dr. Siswanto Wahab menghimbau kepada masyarakat khususnya di kota Makassar yang sempat melakukan kontak dengan pasien Covid-19 untuk segera memeriksakan diri dengan tidak menyembunyikan riwayat perjalanannya agar bisa ditangani dengan terarah.

IDI juga tengah mengedukasi para dokter bahwa setiap pasien harus diungkap secara gamblang riwayat perjalanannya dan riwayat interaksinya.

“Saya menghimbau Pasien harus terbuka kepada petugas medis agar bisa secepatnya dilakukan penelusuran guna memutus rantai penularan. Pasien sebaiknya jujur, sehingga dokter bisa melakukan tindakan medis sesuai dengan apa yang diceritakan,” tutur Siswanto saat dijumpai fajar.co.id di Rujab Wali Kota Makassar, Selasa (24/03/2020).

“Jadi jangan ada yang disembunyikan. Keluhannya apa, riwayat perjalanan, riwayat kontak atau interaksi. Apakah ia baru pulang umrah, atau belum lama keluar kota atau keluar negeri. Semua harus diungkap. Agar lebih terarah penanganannya,” sambungnya.

Jika pasien tidak jujur kepada tenaga medis, terang Siswanto, maka akibatnya akan fatal. Penularan virus pandemik ini akan lebih parah di luar dari perkiraan.

“Pengungkapan yang penting untuk di paramedis rumah sakit bukan kepada khalayak. Jika ia tidak jujur akibatnya bisa fatal, bisa saja dokter, perawat, keluarga, orang yang jenguk, hingga pasien lain di rumah sakit itu akan ikut tertular,” pungkasnya.

Bagikan berita ini:
5
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar