Kelangkaan APD, Rudi Peter Gony: Pemerintah Kita Tidak Hadapi Pendemi Corona

Rudi Peter Gony

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Kelangkaan alat pelindung diri (APD) tentu akan membahayakan keselamatan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam memerangi virus corona.

Melihat sejumlah dokter dan perawat yang bertugas melayani pasien Covid-19, peristiwa ini salah satunya disebabkan oleh kelangkaan APD bagi tenaga medis di rumah sakit.

Ketua Banggar DPRD Sulsel, Rudy Pieter Goni memandang kondisi ini sebagai ketidaksiapan pemerintah menghadapi bencana. Bukan hanya di Sulawesi Selatan, tapi secara nasional tidak siap.

"Perlu saya sampaikan Indonesia tidak siap menghadapi bencana, bukan hanya di Sulsel tapi secara nasional kita tidak siap. Sehingga jika terjadi bencana seperti ini kita gagap menanganinya. Kita kaget," tegas Rudy.

Kelangkaan APD dinilai wajar karena terjadinya lonjakan kebutuhan APD karena tenaga kesehatan bekerja serentak menangani ribuan pasien yang datang di waktu yang hampir bersamaan. Pemerintah pun gagap menghadapi situasi ini

Ke depan, menurut Rudy, dana bencana akan disiapkan dengan baik sebagai 'senjata' menghadapi bencana.

"Anggaplah kita ini sedang berperang tapi senjatanya terbatas, bagaimana mau menang. Secara bertahap kita akan perbaiki ini. Semoga bencana biologis ini cepat berlalu," pungkas politisi PDIP ini.

Sementara itu Ketua DPD Nasdem Makassar Andi Rachmatika Dewi meminta pihak swasta dalam hal ini pengusaha yang bergerak di bidang alat kesehatan turut memberi kemudahan dalam ketersediaan APD.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...