Konsumsi Air Kelapa, Ini Saran untuk Penderita Ginjal


FAJAR.CO.ID– Air kelapa memiliki banyak manfaat gizi. Namun, apakah air kelapa aman untuk dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal?

Berikut fakta seputar air kelapa yang harus diketahui jika Anda mengalami gagal ginjal.

Konsumsi air kelapa dan diet untuk penderita gagal ginjal

Sebenarnya air kelapa adalah minuman yang aman dan sehat bagi orang normal. Akan tetapi, penderita gagal ginjal harus berhati-hati dan membatasi makanan dan minuman yang tinggi kalium dan natrium, termasuk air kelapa.

Asupan protein, cairan, dan elektrolit (terutama natrium, kalium, dan fosfat) adalah indikator zat gizi yang paling utama diperhatikan. Kondisi penderita gagal ginjal sangat fluktuatif.

Tingkat keparahan fungsi ginjal, terapi obat yang dijalani, dan riwayat penyakit sangat menentukan diet apa yang boleh dijalani.

Selain itu, diet untuk penderita gagal ginjal bukan hanya sekadar membatasi makanan atau minuman yang tinggi kalium dan natrium, tapi juga tentang pengaturan porsi dan pengetahuan tentang bahan makanan yang aman.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang tergolong rendah natrium dan kalium, tapi dengan porsi yang banyak tentu akan sama saja risikonya dengan mengonsumsi bahan makanan tinggi natrium dan kalium.

Selalu konsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter dan ahli gizi ginjal agar dapat mengetahui porsi makan dan minum yang diperbolehkan sesuai kondisi klinis yang terbaru.

Sumber : hellosehat

Komentar

Loading...