Lion Air Group Implementasikan Aspek Keselamatan dan Keamanan Penerbangan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebagai langkah preventif dan antisipasi pencegahan penyebaran dampak wabah corona virus Covid-19, Lion Air Group mengimplementasikan pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang dalam operasional penerbangan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sistem pengaturan jarak untuk seluruh penumpang diimplementasikan dengan pengaturan nomor kursi saat melakukan pelaporan (check-in), baik di meja pelaporan maupun fasilitas pelaporan mandiri yang tersedia di bandar udara.

Selain itu, pengaturan jarak antar penumpang juga berlaku ketika berada di ruang tunggu dan pada saat proses masuk ke dalam kabin pesawat, baik yang menggunakan tangga belalai (garbarata) dan tangga biasa.

"Pengaturan ini juga berlaku bagi penumpang yang berada di dalam bus saat menuju ke pesawat dan turun dari pesawat," ucap Danang, Selasa (24/3).

Menurut Danang, dengan pengaturan nomor kursi saat check-in, maka terdapat jarak antar penumpang saat duduk didalam pesawat. Awak kabin dan petugas layanan darat akan membantu teknis pengaturan jarak antar penumpang.

"Untuk alasan keselamatan dan keseimbangan pesawat saat lepas landas dan mendarat, penumpang dapat dipindahkan sesuai instruksi petugas darat atau awak kabin," jelasnya.

Sebagai tindakan pencegahan lainnya, Lion Air Group juga melaksanakan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman sesuai prosedur yang berlaku. Penggunaan sarung tangan, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, dan hand sanitizer menjadi tindakan preventif yang diterapkan. (tam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...