Silahkan Gelar Acara Nikahan di Tengah Wabah Corona, Asalkan Begini

Rabu, 25 Maret 2020 18:17

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Virus corona atau covid-19 mudah menyebar di tempat keramaian. Termasuk di acara pernikahan.

Acara bagi para pengantin baru tersebut boleh saja digelar. Namun ada ketentuan yang harus dipenuhi, untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono menghimbau untuk membatasi para tamu undangan di acara sakral tersebut.

“Untuk sementara di periode ini dilarang. Cukup mungkin hadirkan keluarga terdekat saja,” katanya kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Kata dia, hal itu merupakan bagian dari himbauan langsung dari Kapolri, untuk tidak berkumpul. Apalagi tidak menjaga jarak dengan orang lain.

Pihaknya akan menindak bagi siapa saja yang kedapatan menggelar acara, sampai menghadirkan ratusan orang. Hal itu juga, kata dia, berkaitan undang-undang (UU) tentang karantina, dan tentang wabah penyakit.

“Kita akan tindak (acara nikahan). Itu melanggar UUkarantina, wabah penyakit, dan Pasal 212, 216 ayat 1, dan 218 KUHP. Jadi pestanya langsung dibubarkan,” tegasnya.

Masyarakat diimbau untuk rajin cuci tangan pakai sabun, pakai hand sanitizer, menggunakan masker, dan menerapkan social distancing.

Selain itu juga, masyarakat diimbau untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Boleh keluar, jika ada keperluan yang sangat mendesak. (Agus)

Bagikan berita ini:
5
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar