Sudah 42 Tahun, Buffon Masih Ingin Kontrak Baru di Juventus

0 Komentar

Gianluigi Buffon/Getty Images

FAJAR.CO.ID, TURIN—Kiper veteran, Gianluigi Buffon belum mau pensiun. Meski saat ini ia sudah berusia 42 tahun, keinginan terus bermain masih ada. Makanya, ia dilaporkan memutuskan memperpanjang kontraknya dengan Juventus hingga Juni 2021.

Tuttosport dikutip dari Football Italia mengungkapkan bahwa penjaga gawang Italia saat juara Piala Dunia 2006 itu belum memiliki niat untuk berhenti bermain. Kontrak Buffon sendiri akan berakhir pada akhir musim mendatang.

Kiper berjuluk Superman itu sebelumnya mengungkapkan bahwa ia merasa seperti titik rujukan di ruang ganti Si Nyonya Tua. Ia pun selalu siap membantu Si Nyonya Tua di dalam atau pun di luar lapangan untuk musim depan.

Buffon memulai karier dari Parma. Penampilan hebatnya kemudian membawanya ke Juventus. Ia tiba di Turin dengan harga 52 juta euro pada Juli 2001 yang menjadikannya sebagai kiper termahal dunia. Musim lalu, ia sempat pindah ke Paris saint Germain (PSG) dan bermain setahun di sana.

Meskipun sudah pernah meninggalkan Bianconeri, hubungan baik antara sang pemain dengan tim Turin sama sekali tidak berkurang. Tidak mengherankan, diskusi tahun-ke-tahun tentang masa depannya selalu diharapkan.

Wojciech Szczesny saat ini menjadi penjaga gawang utama Juventus. Makanya, Buffon hanya tampil tujuh kali di Serie A musim ini. Khusus di Coppa Italia, ia memainkan seluruh laga Juventus. Sementara di Liga Champions, ia baru bermain satu kali sejauh ini.

Buffon merumput kembali di Liga Champions ketika timnya menghadapi Bayern Leverkusen. Kala itu, Buffon berhasil menjaga clean sheet dalam kemenangan 2-0 timnya melawan wakil Jerman itu.

Sedangkan di Coppa Italia, ia telah membantu Si Nyonya Tua lolos ke semi-final. Pada laga terakhirnya, ia melakukan sejumlah penyelamatan bagus menghadapi AC Milan di leg pertama yang membuat laga berakhir 1-1.

Dengan hasil itu, Buffon berpeluang besar mengantar Juve ke final sebab leg kedua semifinal akan digelar di Allianz Stadium, markas Juventus. Namun, sejauh ini belum ada kepastian apakah sepak bola di Italia masih akan berlanjut musim ini di tengah mewabahnya virus corona.

Total musim ini Buffon memainkan 11 pertandingan. Ia tercatat menorehkan tiga clean sheet dan kebobolan sembilan gol di semua kompetisi. Buffon sendiri meraih sembilan Scudetto bersama Bianconeri. Yang pertama pada musim pertamanya 2001-02 dan yang terakhir di 2017-18, sebelum ke PSG.

Selain sembilan scudetto, ia juga telah memenangkan lima trofi Coppa Italia dan meraih enam gelar Supercoppa Italiana. Torehan itu menempatkannya sebagai salah satu pemain Italia dengan capaian terbaik. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...