Aplikasi Smartphone Pelacak Mereka yang Terpapar Corona

Ilustrasi (disway.id)

FAJAR.CO.ID,SINGAPURA– Singapura meluncurkan aplikasi smartphone pelacakan kontak agar pihak berwenang dapat mengidentifikasi mereka yang telah terpapar pada orang yang terinfeksi virus corona sebagai bagian dari upaya untuk mengekang penyebaran penyakit ini.

Pemerintah di seluruh dunia telah beralih ke teknologi untuk memerangi virus. Aplikasi TraceTogether akan bekerja dengan cara menukar sinyal Bluetooth jarak pendek antara ponsel untuk mendeteksi pengguna lain yang berpartisipasi dalam jarak 2 meter.

Rekaman pertemuan itu akan disimpan secara lokal di setiap ponsel dengan aplikasi. Aplikasi TraceTogether dikembangkan oleh Badan Teknologi Pemerintah Singapura (GovTech) dan kementerian kesehatan.

Pengguna harus mengirim log ketika diminta oleh kementerian kesehatan, Singapura telah memenangkan pujian internasional karena pendekatannya yang teliti dalam menanggulangi virus.

Data yang disimpan di ponsel pengguna akan dienkripsi dan aplikasi tidak akan mengakses informasi lain, seperti lokasi pengguna.

“Teknik ini telah menjaga privasi pengguna dari satu sama lain,” kata seorang menteri senior negara Janil Puthucheary sebagaimana diberitakan Reuters, Jumat (20/3).

Singapura memiliki aturan ketat untuk menangani penyakit menular, bulan lalu pihaknya menuduh pasangan China memberikan informasi palsu tentang gerakan mereka kepada pihak berwenang yang ingin melacak kontak mereka.

Walaupun mengunduh aplikasi itu tidak wajib, pemerintah Singapura mengatakan akan mendorong orang untuk melakukannya.(nie/fin)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...