Ini Dia Face Shield Buatan Tangan Ala KREKI dan Mahtan untuk APD Paramedis

Kamis, 26 Maret 2020 17:19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Melihat kondisi Alat Pelindung Diri (APD) yang begitu langka, Garda Covid-19 berinovasi membuat face shield buatan sendiri.

Alat dan bahan yang digunakan pun sangat sederhana. Banyak ditemui di toko-toko Alat Tulis Kantor (ATK). Beberapa bahan lainnya dapat ditemui di toko bangunan. Seperti map plastik, perekat timbal balik, dan lain-lain.

Pembuatan face shield ini dilakukan Garda Covid-19 melalui Komunitas Relawan Emergensi Indonesia (Kreki) Sulsel dan Masyarakat Hijrah Tanpa Nama (Mahtan).

Pembina Mahtan, Dr Ihsan Kitta mengatakan, inisiatif pembuatan face shield ini dilakukan lantaran APD semakin sulit ditemui. Di sisi lain, APD sangatlah mendesak untuk digunakan paramedis.

“Alat pelindung diri terutama bagian depan yaitu muka sangat susah didapatkan. Face shield ini bertujuan untuk proteksi diri di bagian wajah,” bebernya, Kamis (26/3/2020).

Face shield buatan sendiri ini sudah disalurkan ke RS Wahidin Sudirohusodo, RS Dodi Sartijo, dan RS Tajuddin Chalid sebagai tahap awal. Akan terus dikembangkan ke RS lainnya.(ism)

Komentar