Paskah Open

Oleh Dahlan Iskan

FAJAR.CO.ID-- Sesekali perlu juga agak serius memikirkan mengapa Presiden Trump bikin pernyataan kontroversial.

Terutama pernyataannya yang terakhir kemarin, Selasa. Ia minta agar mulai Hari Raya Paskah nanti --minggu depan-- social distancing dihapus. Rakyat harus dibebaskan liburan. Harus dibebaskan untuk belanja. Harus mulai lagi bekerja seperti biasa. Harus mulai bebas lagi makan-makan di restoran. Agar ekonomi hidup lagi. Negara ini bisa mati bukan karena Covid-19, tapi karena ekonomi macet.

Tentu Trump tidak sedang melucu. Trump itu memang manusia 'binatang ekonomi'. Yang bukan ekonomi tidak penting. Terutama kalau ekonomi jelek ia yakin tidak bisa terpilih lagi. Pertumbuhan ekonomi yang hebatlah yang selalu diagung-agungkan Trump sebagai prestasi kerjanya.

Bill Gates dan Melinda Gates tidak secara langsung mengkritik Trump. "Akankah kita biarkan kalau ada mayat tertumpuk di pojok-pojok jalan karena peti mati tidak cukup lagi," ujar Bill Gate.

Bill Gate memang penganut aliran social distancing. Demikian juga mayoritas ahli kesehatan.

Trump anti lockdown. Anti social distancing.

Adakah Trump kali ini pun --dalam hal wabah ini pun-- menerapkan ideologi pasar bebas? Sebagaimana aliran ideologi ekonominya?

"Itulah sejarah kejayaan Amerika," ujarnya. Maksudnya, menurut tafsir saya, Amerika itu bisa hebat karena ideologi pasar bebas. Kalau tidak lagi menganut pasar bebas akan hilang kehebatannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...