Pesan-pesan Sujiatmi Notomihardjo untuk Jokowi Semasa Hidup

Kamis, 26 Maret 2020 09:01

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo--biro pers setpres

Segala didikan yang diterima Sujiatmi dari orang tuanya, diterapkan pula olehnya dalam mendidik anak-anaknya. Sujiatmi sudah menikah di usia muda dengan sang suami, Widjiatno Notomiharjo, kawan sepermainan kakak Sujiatmi, yang tiga tahun lebih tua darinya.

Orang tua Widjiatno Notomiharjo tinggal di Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, sekitar 25 kilometer dari Boyolali. Keluarga besarnya merupakan Lurah Kranggan.

Sujiatmi dan Widjiatno menikah dalam usia muda, pada 23 Agustus 1959. Kala itu, Sujiatmi masih berusia 16 tahun, sedangkan Widjiatno berumur 19 tahun.

Keduanya menikah meskipun belum lulus sekolah. Namun, pada masa itu, perempuan berusia 16 tahun sudah jamak yang menikah. Banyak pula kawan-kawan Sujiatmi yang lebih belia sudah menikah lebih dahulu.

Setelah menikah Sujiatmi dengan suaminya Widjiatno Notomihardjo, pada akhirnya juga mulai merintis usaha kayu di Solo, mengikuti jejak orang tuanya. Pada awal pernikahannya, Sujiatmi dan mendiang suaminya itu sempat mengalami kesulitan keuangan.

Berkat kegigihan, kerja keras dan kesederhanaan yang melekat dalam pribadinya, Sujiatmi dan suami dapat membesarkan keempat anaknya hingga sukses.

Dalam sebuah artikel wawancara yang dibagikan dalam laman www.kemdikbud.go.id, semasa hidupnya Sujiatmi tidak pernah membeda-bedakan keempat anaknya, yakni Joko Widodo, Iit Sriyantini, Titik Relawati, dan Ida Yati.

Sujiatmi semasa hidupnya tetap tidak berhenti menularkan prinsipnya agar Jokowi tidak melakukan hal aneh-aneh dengan kepercayaan yang sudah diberikan rakyat dan Allah SWT.

Komentar