Pesan-pesan Sujiatmi Notomihardjo untuk Jokowi Semasa Hidup

Kamis, 26 Maret 2020 09:01

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo--biro pers setpres

Menurut Sujiatmi, seseorang yang sedang dilanda persoalan artinya orang tersebut sedang kesusahan, sehingga tidak perlu ditambah kesusahannya. Dalam perannya sebagai orang tua, Sujiatmi dan suaminya selalu juga menunjukkan sikap pekerja keras. Betapa sulitnya dalam berusaha, mereka tak pernah berkeluh kesah di depan anak-anak.

Sujiatmi juga dikenal sebagai sosok ibu yang tegas kepada anak-anaknya dan selalu memegang prinsip. Dalam rumah tangganya, Sujiatmi memegang peran penting mendidik dan mengarahkan anak-anaknya dalam kedisiplinan.

Salah satu prinsip yang diajarkan Sujiatmi kepada anak-anaknya, yaitu kejujuran harus dipegang. Bagi Sujiatmi, apapun pekerjaan anak-anaknya, kejujuran harus diutamakan, selain juga kerja keras dan keikhlasan. Sujiatmi juga berpesan kepada putra-putrinya agar jangan sekali-kali mengambil yang bukan menjadi haknya.

Saat muda, Sujiatmi dan suami, tidak berhasil lulus sekolah. Oleh karena itu, Sujiatmi memiliki tekad agar anak-anaknya dapat lulus perguruan tinggi. Oleh karena ibunya selalu memegang prinsip, Jokowi dan adik-adiknya pun selalu patuh dengan arahan Sujiatmi.

Dalam mendidik anak-anaknya, Sujiatmi juga tidak mudah menjanjikan imbalan atau iming-iming, sehingga anak-anaknya juga tidak mudah merengek-rengek kepada orang tua. Meskipun tegas dalam mendidik anak, Sujiatmi juga sangat pengertian terhadap anak-anaknya.

Kesabarannya dalam mendidik putra-putrinya telah membuahkan hasil. Indonesia memiliki putra terbaik untuk mengabdi demi bangsa ini. Terima kasih, Sugeng Tindak Eyang. (dbs/fin)

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI