Soppeng Hibahkan Ruang Isolasi Khusus Pasien Corona di Sulsel

Soppeng Hibahkan Ruang Isolasi Khusus Pasien Corona di Sulsel

FAJAR.CO.ID, SOPPENG-- Bupati Soppeng didampingi kadis kesehatan, Sallang, SKM menyatakan kesiapannya memback-up provinsi menyiapkan ruang isolasi pasien positif corona. Rumah sakit umum lama yang terdiri 100 terletak di jalan Samudera, Kelurahan Botto, Kec Lalabata Kabupaten Soppeng siap "disulap" jadi kamar khusus isolasi pasien positif korona.

Hal teknis lain yang sudah dipersiapkan adalah ambulance khusus pasien corona, peralaatan medis dan furniture lainnya sesuai standar medis sebagai ambulance untuk pasien penyakit wabah pun sudah standby di tempat. Bahkan design parkirnya pun secara khusus pula.

Saat melihat kondisi fasiltas kamar di rumah sakit lama, Bupati Soppeng ketika ditanya berapa lama waktu untuk pembenahan kamar yang ada di RS tua ini diubah menjadi ruang khusus isolasi.

Dengan tanggap dan sangat meyakinkan, Kaswadi menjelaskan situasi darurat pekerjaan teknis seperti itu hanya butuh 4 sampai 5 hari. Ditanya soal kesiapan dana ternyata memang Soppeng juga sudah selesai melakukan perubahan parsial APBD 2020 bersama DPRD.

Dalam kunjungan ini Bupati Soppeng juga menjelaskan hal lain yang sudah dilakukan upaya pengendalian corona. Diantaranya pemeriksaan lalu lintas orang pada setiap kendaraan melintas masuk di wilayah Soppeng di setiap pos perbatasan dengan kabupaten tetangga tetanga juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan kurang lebih 3000 rumah warga.

Bupati menargetkan seluruh rumah warga berusaha untuk dijangkau penyemprotan. Fasilitas penyemprotan yang dipakai beberapa cara, ada mempergunakan tangki standar (handsprayer), ada kendaraan "pemadam kebakaran unik" karena memakai roda tiga yang bergerak cepat masuk dari pelosok ke pelosok kampung, hingga memakai drone.

Begitupun di tingkat dusun, juga sudah dilakukan pengawasan secara ketat terhadap setiap orang didentifikasi ODP (orang dalam pengawasan).

"Kita apresiasi pemerintah daerah Soppeng siap mendukung provinsi dalam penangan korona. Secara prinsip dan teknis sdh melakukan sgl upaya maksimal sesuai dgn kapasitas daerahnya," kata Selle KS Dalle, legislator asal Soppeng.

Situasi darurat ini menyeleksi secara langsung para pemimpin, siapa sosok yg memiliki kompetensi, kecakapan dan keahlian bertindak cepat serta memilki kharisma dalam mengurus daerah dan rakyat. (asr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...