Ustaz Yusuf Mansur Ungkap Amalan yang Selalu Dibaca Ibunda Jokowi

Ibu Presiden RI Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo (Damianus Bram/Radar Solo)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, juga menjadi pukulan sendiri bagi ustaz Yusuf Mansur. Pasalnya, dia sering bertemu dengan perempuan yang empat tahun berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya itu.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an itu mengungkapkan amalan yang sering dibacakan Sudjiatmi untuk anak-anaknya, termasuk untuk Presiden Jokowi. Menurut penuturan Yusuf Mansur, Sudjiatmi selalu membacakan surat al-Ikhlas untuk anak-anaknya setiap hari.

“Diantara nasehat dari beliau, harus ada dzikir, bacaan, doa-doa buat anak-anak kita yang rutin dibaca tiap hari, tiap malam. Kayak Eyang selalu bacain 100 kulhu (surat al-ikhlas) untuk Pak Jokowi dan anak-anaknya. Itu dari mulai dulu,” kata Yusuf Mansur kepada JawaPos.com, Rabu (25/3).

Tokoh agama yang selalu mendakwahkan pentingnya sedekah dalam banyak ceramahnya itu juga mengungkapkan ibunda Presiden Jokowi selalu memintanya untuk bersabar dalam menghadapi kenyataan hidup yang terkadang terasa pahit.

“Yang langsung saya terima dari beliau, disuruh sabar jangan sampai ada batasnya sabarnya, disuruh banyak nerima, tenang kalau diomongin orang, dicurigain orang,” tuturnya.

Yang masih sangat lengket dalam ingatan, Yusuf Mansur mengatakan bahwa ia sudah dianggap sebagai anak bungsu oleh Sudjiatmi. Hal itu kerap diungkapkan oleh almarhumah di hadapan anak-anaknya, termasuk Jokowi.

“Yang tidak bisa saya lupakan bagaimana saya, beliau bilang berkali-kali saat ketemu sama anak-anaknya bilang bahwa saya dianggapnya anak bontot,” akunya.

Yusuf pun mengaku sedih lantaran dirinya tidak bisa datang ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir untuk almarumah akibat virus Korona yang tengah mewabah. Namun dia berjanji akan melaksanakan salat gaib bersama para santri di Pesantren Darul Qur’an.

“Dalam keadaan begini, eh nggak bisa nengokin, nggak bisa takziyah. Insya Allah di pesantren Darul Qur’an,kami akan salat gaib dan kirim al- fatihah, yasin buat beliau,” ungkap Yusuf Mansur.

Ibunda Presiden Jokowi meninggal tadi sore sekitar pukul 16.45 WIB di sebuah rumah sakit di Solo, Jawa Tengah. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 77 tahun. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...