Lapas Narkotika Tidak Terima Tamu, Warga Binaan Lepas Rindu dengan Video Call

Jumat, 27 Maret 2020 18:24

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lapas Narkotika Kelas II A Sungguminasa merasakan dampak virus corona. Warga binaannya tak bisa lagi bertemu dengan sanak keluarga.

Pengunjung yang datang ke lapas, terpaksa diadang oleh petugas. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari lingkungan luar lapas.

Warga binaannya pun hanya bisa melepas rindu mereka dengan keluarga, melalui jaringan online.

Pihak lapas menyiapkan fasilitas komputer dan jaringan internet untuk warga binaanya agar saling bertatap muka melalui layanan video call.

“Komputer yang dipakai ada empat unit sambungan Google Duo. Hari Sabtu kemarin kami tutup kunjungan. Di situ kami mulai persiapkan semua perangkat, dan hari Selasa kemarin sudah digunakan,” kata Kepala Pengamanan Lapas, Wandy, kepada fajar.co.id, Jumat (27/3/2020).

Fasilitas komputer yang disediakan memang tidak sebanding dengan jumlah penghuni lapas saat ini. Warga binaan pun bergantian menyapa keluarganya secara online.

Setiap satu warga binaan diberikan waktu hingga 10 menit untuk saling bercanda tawa dengan sanak keluarga tercinta.

Selain langkah untuk menghadapi penyebaran virus corona, warga binaan secara bertahap dilakukan kegiatan berjemur di pagi hari, setiap pukul 08.30 Wita.

Itu dilakukan setiap per dua hari dalam setiap pekan. Diharapkan dengan berjemur, virus corona tidak akan mudah masuk ke tubuh warga binaan.

Bagikan berita ini:
10
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar