Liga Champions Jadi “Bom Biologis” Wabah Corona di Italia dan Spanyol?

0 Komentar

Pertemuan Atalanta versus Valencia di Liga Champions yang berlangsung di Spanyol digelar tanpa penonton/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MILAN—Para ahli menyebut pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Atalanta dan Valencia sebagai “Game Zero”. Itu dianggap banyak kalangan seperti “bom biologis” yang mengirim COVID-19 ke dua negara; Italia dan Spanyol.

Atalanta berasal dari Kota Bergamo dan pertandingan ini dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah klub. Tidak heran, sekitar sepertiga populasi Bergamo melakukan perjalanan ke San Siro, Milan untuk menyaksikan laga.

Sebagaimana dikutip dari NBC Sports, sekarang ini pihak berwenang bertanya-tanya apakah pertandingan itu, dengan puluhan ribu orang Italia dan warga Spanyol yang datang sudah memberi andil mengirim virus itu ke Spanyol.

Walikota Bergamo, Giorgio Gori mengatakan, pertandingan itu berlangsung pertengahan Februari dan mereka tidak tahu tentang apa yang terjadi. “Jika benar apa yang mereka katakan bahwa virus itu sudah beredar di Eropa pada bulan Januari, maka sangat mungkin bahwa 40.000 Bergamaschi di tribun San Siro, bersama-sama, menularkan virus di antara mereka,” kata Gori selama obrolan Facebook langsung dengan Asosiasi Pers Asing di Roma.

“Mungkin saja banyak Bergamaschi malam itu berkumpul di rumah, bar untuk menonton pertandingan dan melakukan hal yang sama. Sayangnya, kami tidak tahu. Tidak ada yang tahu virusnya sudah ada di sini. Itu tidak bisa dihindari,” lanjutnya.

Seorang jurnalis di Valencia menghadiri pertandingan dan kemudian menjadi orang kedua yang dinyatakan positif COVID-19 di Spanyol. Bek tengah Valencia, Ezequiel Garay, adalah satu dari lima anggota klub Valencia yang dinyatakan positif terkena virus corona usai ke Milan.

Ini tentu bukan kesalahan siapa pun, tetapi validitas hipotesis saja menunjukkan mengapa para ahli memohon semua orang untuk mematuhi langkah-langkah social distancing alias menjaga jarak. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...