Sancho, Pemain 20 Tahun yang Paling Diburu di Eropa

Jadon Sancho / Getty Images

FAJAR.CO.ID, DORTMUND—Jadon Sancho melejit seperti meteor di sepak bola Eropa. Di usia belianya, pemain kelahiran 25 Maret 2000 tersebut sudah berharga selangit dan menjadi rebutan klub raksasa.

KETIKA memutuskan meninggalkan akademi Manchester City 2017 silam, tidak ada yang memprediksi karier Sancho bisa meroket secepat ini. Ia memang sudah menunjukkan talenta calon bintangnya, namun perjalanannya mencapai level pemain top dunia tidak disangka bisa secepat ini.

Remaja asal Inggris itu di musim perdananya hanya mencetak sebiji gol di Bundesliga. Namun, setelah menjadi pilihan utama pada musim 2018/2019, ia menjelma menjadi predator menakutkan bagi lawan manapun.

Dengan kemampuannya bermain di beberapa posisi, ia bukan saja menjadi raja assist Borussia Dortmund melainkan juga kontributor gol. Di tahun keduanya, ia mencetak 12 gol dan memberi 17 assist dalam 34 pertandingan.

Statistik mencengangkannya berlanjut musim ini. Bermain dalam 23 pertandingan Die Borussen, ia total sudah mencetak 14 gol plus 16 assist. Tren statistik yang begitu fantastis membuat Sancho langsung masuk daftar belanja seluruh tim raksasa.

Saat ini, yang malu-malu mengklaim tertarik pada pemain bernama lengkap Jodan Malik Sancho itu hanya klub yang berkantong tipis. Wajar. Pasalnya, menurut Transfermarkt, Sancho yang sudah mencetak total 31 gol plus 40 assist dalam 90 laga bersama Dortmund di semua kompetisi kini sudah berharga selangit.

Update 11 Maret 2020 ini, Sancho yang di tim U-18 Manchester City mencetak 15 gol dan enam assist memiliki nilai pasar 130 juta euro. Jika dirupiahkan, pemain dengan kemampuan dribel tingkat dewa itu saat ini berharga sekitar Rp2,2 triliun.

Kendati harganya sudah begitu tinggi, klub-klub tetap saling sikut mengejar tanda tangannya. Dari Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Juventus, Barcelona, hingga Real Madrid, semuanya diklaim tertarik membelinya musim panas nanti.

Tapi, menurut Evening Standard, Manchester United memimpin perlombaan untuk tanda tangannya musim panas ini. Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer kabarnya menjadikan Sancho sebagai target nomor satu guna meningkatkan kualitas sisi kanan serangan timnya dan siap memenuhi harga yang diminta Dortmund.

Menurut BBC Sport, Sancho menerima bayaran 190.000 poundsterling per minggu di Dortmund. Dan pemain internasional Inggris yang terikat kontrak sampai Juni 2022 itu akan diberi upah jauh lebih besar di Old Trafford.

Standard juga mengklaim bahwa setiap kesepakatan untuk Sancho musim panas ini kemungkinan akan menelan biaya 100-120 juta poundsterling atau antara Rp1,9 tirliun hingga Rp2,3 triliun. Angka yang jelas sangat fantastis.

Legenda MU, Rio Ferdinand lewat postingan di Instagram mengatakan bahwa Sancho adalah bakat besar dalam sepak bola Inggris. Ia pun menegaskan bahwa jika punya kekuatan, dirinya akan membawa Sancho ke Old Trafford. “Pemain hebat, potensi besar, Inggris, dia brilian,” kata Ferdinand dikutip Express.

Di tengah kabar ketertarikan hampir seluruh klub elite dunia, Sancho memilih rileks. “Saya tidak benar-benar melihat semua hal itu (cerita transfer). Saya hanya berkonsentrasi pada tim saya dan melakukan pertandingan demi pertandingan. Itu hal terpenting bagi saya sekarang,” tegasnya beberapa waktu lalu.

Kepala eksekutif Dortmund, Hans-Joachim Watzke mengatakan Sancho saat ini adalah bakat terbesar Eropa saat ini. Ia juga memprediksi pemain berpostur 180 cm itu akan menjadi salah satu pemain terbaik dunia di masa depan.

“Jadon adalah bakat yang sangat, sangat hebat, mungkin yang terbesar saat ini di Eropa di antara para pemain di bawah usia 21. Menurut saya, dia berpotensi menjadi salah satu dari dua atau tiga pemain top dunia di tahun-tahun mendatang,” kata Watzke di TEALtalk.

Makanya, Watzke memastikan akan berusaha menahan Sancho untuk tinggal lebih lama di Signal Iduna Park. Walau demikian, Watzke juga tidak menampik kemungkinan Sancho akan pergi suatu hari nanti.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk menjaganya selama mungkin. Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Tetapi jika suatu hari, dia datang menemui kami dan memberi tahu bahwa ia ingin meninggalkan klub, maka kami akan membahasnya. Tapi ini bukan pilihan pertama kita. Opsi pertama adalah menjaganya selama mungkin,” kunci Watzke. (amr)

HARGA

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...