Soal Anggaran Covid-19, Gubernur Mesti Tegas ke Bupati dan Wali Kota

Ni'matullah, Ketua Partai Demokrat Sulsel.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah, diminta mengeluarkan instruksi khusus kepada wali kota dan bupati agar segera melakukan perubahan parsial APBD kabupaten/kota.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah Erbe, mengakui, surat edaran gubernur yang ada selama ini tak cukup efektif. Terlebih keadaan mendesak agar segera dilakukan penyesuaian anggaran penanganan Covid-19.

“Harus ditekan, mereka harus melakukan perubahan parsial dan menyiapkan anggaran untuk sosial safety net. Karena yang paling terdampak adalah masyarakat ekonomi ke bawah. Kalau tidak bisa dalam bentuk uang, dalam bentuk raskin saja,” kata Ni’matullah saat memimpin rapat Banggar DPRD dan TAPD Pemprov Sulsel di Gedung DPRD, Jumat (27/03/2020).

Ketua DPW Demokrat Sulsel ini menyebutkan, minimal setiap kabupaten/kota menyiapkan anggaran Rp30-50 miliar untuk penanganan Covid-19.

“Kita juga mau lihat bagaimana bupati dan wali kota, apakah mendengarkan gubernurnya. Kalau tidak, itu bisa jadi bahan pertimbangan pemberian bantuan ke daerah nantinya,” tegas Ulla, sapaan akrabnya.

Di saat krisis pandemi virus corona seperti sekarang ini, Ni’matullah mengungkapkan dibutuhkan pemimpin yang bisa mengambil langkah cepat dan tegas.

“Silakan Pak Gubernur otoriter. Kalau ada yang tidak senang, tidak puas, itu merupakan hal biasa dalam suasana krisis seperti ini,” ungkapnya. (Mirsan)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar