Tangani Covid-19, DPRD-Pemprov Sulsel Sepakati Anggaran Awal Rp250 Miliar

Jumat, 27 Maret 2020 17:17

DPRD Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-– DPRD dan Pemprov Sulsel menyepakati anggaran awal penanganan Covid-19 sebesar Rp250 miliar. Ini diputuskan melalui rapat Badan Anggaran DPRD Sulsel dengan TAPD Pemprov Sulsel di Ruang Paripurna DPRD Sulsel, Jumat (27/03/2020).

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah Erbe mengatakan dana Rp250 miliar ini disepakati dengan mempertimbangkan anggaran dan ketersediaan uang kas daerah.

“Ini untuk menyediakan rumah sakit, dengan kapasitas tempat tidur minimal 300 bulan ini. Meski sudah ada 200 bad, sambil tetap membackup rumah sakit yang sudah ada untuk menangani OPD dan PDP,” kata Ni’matullah.

Selain itu, anggaran ini untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD). DPRD juga mengusulkan agar tenaga medis dan dokter diberikan tambahan intensif.

“Coba BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) cari nomenklaturnya. Apakah dalam bentuk honor atau tambahan suplemen,” harap politisi Demokrat ini.

Terakhir, DPRD meminta Pemprov segera mengadakan alat Rapid Test Covid-19 massal. Ni’matullah berharap Pemprov Sulsel mengadakan sekitar 20 ribu lebih alat dengan estimasi anggaran Rp6-7 miliar rupiah.

“Ini bisa dibagikan 1000 atau 500 perkabupaten. Saya kira 200 sudah cukup ke RSUD daerah untuk mendeteksi OPD dan PDP yang ada di daerah,” harapnya.

Sementara itu,Plt Kepala BKAD Sulsel Junaedi menyebutkan kondisi kas daerah saat ini sekitar 526 miliar. Sejauh ini, pihaknya baru mengucurkan Rp10 miliar ke BPBD untuk penanganan Covid-19.

Bagikan berita ini:
1
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar