50 Klub Termewah Dunia: Madrid ke-3, Barca ke-4, MU ke-10, Juventus ke-11

Manchester City/Reuters

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City mempertahankan status mereka sebagai klub paling bernilai di Eropa. Proyek ambisius yang dibangun Pep Guardiola kini berharga 1,27 miliar euro atau sekitar Rp22,42 triliun.

NILAI total skuat The Citizens ini dikutip dari Transfermarkt, 27 Maret, kemarin. Dibandingkan data tim termahal Eropa versi CIES Football Observatory, 2019 silam, ada peningkatan yang cukup signifinikan pada tim City.

Berdasarkan data CIES Football Observatory per September tahun lalu, klub yang bermarkas di Kota Manchester itu bernilai total 1,014 juta euro. Keberhasilan mengukuhkan diri sebagai pasukan termewah ini tak lepas dari belanja pemain yang dilakukan City musim panas lalu.

Seperti diketahui, Pep Guardiola menambah kekuatannya musim panas lalu dengan membeli pemain seperti Rodri dan Joao Cancelo. Rodri yang diangkut dengan harga 80 juta euro dari Atletico Madrid menjadi pembelian termahal juara bertahan Premier League tersebut.

Menurut data Transfermarkt, di skuat City saat ini, ada 10 pemain dengan harga pasar di atas Rp1 triliun. Mereka adalah Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Leroy Sane, Bernardo Silva, Rodri, Laporte Aymeric, Gabriel Jesus, Ederson Ederson, Sergio Aguero, dan Riyad Mahrez.

Dari seluruh pemain ini, Sterling menjadi pemain termahal dengan nilai pasar mencapai 160 juta euro atau sekitar Rp2,8 triliun. Lalu, menyusul De Bruyne yang harganya di kisaran 150 juta euro atau sekitar Rp2,6 triliun.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar