Jangan Bebal! Tentara Siapkan Drone Awasi Kerumunan Orang di Sulsel

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka. (Foto: Mirsan/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, mengungkapkan bahwa keterlibatan pihaknya dalam penanganan virus corona merupakan salah satu tugas dari TNI.

TNI, kata Sumangerukka, punya tugas untuk pencegahan. Salah satunya membantu kepolisian mengawasi pelaksanaan social distance yang menjadi keputusan pemerintah pusat dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

“Jika diminta maka bisa libatkan kami. Sekarang ini semua sudah terlibat, bukan hanya TNI saja yang ikut. Maka, sinergitas dibutuhkan untuk itu, pasti melibatkan yang lain,” katanya, dalam video conference, Sabtu (28/3/2020).

Khusus penanganan kerumunan orang, gugus tugas berpegang teguh pada Maklumat Kapolri. Termasuk cara membubarkan kerumunan massa dan mengatasi jika ada yang menolak.

“Maklumat Kapolri itu harus kita jalankan. Saya yakin rekan kepolisian sudah punya tata cara untuk melakukan itu agar mereka patuh. Kalau masih melakukan itu dan berkali-kali diimbau mereka akan bingung juga,” jelasnya.

Untuk memudahkan pengawasan, saat ini Kodam XIV Hasanuddin sementara mengadakan dua buah drone untuk mebantu proses itu. Drone ini sendiri bisa mendeteksi suhu tubuh orang.

“Sementara ini kita baru adakan dua drone. Kita pesan dari Jakarta. Ini dirakit di Indonesia dan beberapa komponennya memang dari luar negeri,” pungkas Pangdam XIV Hasanuddin. (Mirsan)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...