Presiden UEFA: Musim Ini Mungkin Dihilangkan

Aleksander Ceferin/JOHN THYS / AFP via Getty Images

FAJAR.CO.ID, NYON—Presiden UEFA, Aleksander Ceferin melontarkan hipotesis dan mengakui bahwa musim 2019/2020 mungkin akan dihilangkan. Itu jika mereka masih tidak dapat melanjutkan kompetisi pada akhir Juni mendatang.

Seluruh kompetisi di Eropa saat ini dihentikan akibat mewabahnya virus corona. Awalnya, penundaan direncanakan hanya hingga awal April. Namun, situasi berubah dengan cepat setelah semakin banyaknya kasus COVID-19 di negara-negara Eropa.

Makanya, penundaan dilanjutkan hingga awal Mei mendatang. Presiden UEFA sendiri menegaskan bahwa semuanya kini tergantung pada situasi pandemi virus corona. Menurutnya, saat ini, kesehatan menjadi prioritas utama.

“Di saat yang dramatis ini, yang paling penting adalah kesehatan masyarakat dan bagaimana keluar dari krisis ini. Tentu saja, gangguan pada sepakbola melambangkan bahwa Eropa dan dunia telah berhenti,” katanya kepada La Repubblica dikutip dari Football Italia.

Ia menjelaskan bahwa UEFA sudah menyusun sejumlah rencana. Dan kini mereka hanya menunggu perkembangan wabah. “Kami tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, tetapi kami memiliki rencana A, B dan bahkan C. Kami berhubungan dengan Liga, dengan klub, ada kelompok kerja. Kami harus menunggu, seperti sektor lainnya,” jelasnya.

Ceferin mengatakan, rencana awal mereka adalah kompetisi berlanjut di Mei. “(Kita bisa) mulai lagi pada pertengahan Mei, pada pertengahan Juni atau pada akhir Juni. Lalu, jika kita tidak berhasil, musim mungkin hilang,” ungkapnya.

Yang jelas kata dia, UEFA dan semua yang terkait akan melihat apa solusi terbaik untuk berbagai Liga dan klub. “Sulit membayangkan semua pertandingan di balik pintu tertutup, tetapi sekarang kita bahkan tidak tahu apakah kita akan melanjutkan, dengan atau tanpa penonton,” ujarnya. (amr)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar