Kemenparekraf Sediakan Kamar Hotel Bagi 1.100 Tenaga Medis

Menparekraf Wishnutama Kusubandio usai rapat kerja perdana dengan Komisi X di DPR, Jakarta Kamis (7/11). (Estu Suryowati/JawaPos.com)

Guna memastikan keamanan dan keselamatan para tenaga medis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyediakan sejumlah kamar hotel. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyampaikan, pihaknya menggandeng Accor Group untuk menyediakan tempat menginap bagi 1.100 pejuang Covid-19 di garda terdepan tersebut.

Wishnutama menuturkan, pada tahap awal Accor Group menyediakan fasilitas hotel atau penginapan bagi petugas rumah sakit seperti RSCM, RSPAD, RS Sulianti Saroso, serta RS Persahabatan. Berbagai macam kamar yang disediakan tersebut dapat mengakomodasi 1.100 tenaga medis.

“Kemenpar membiayai semua di bawah harga pasar,” katanya dilansir dari Antara, Sabtu (28/3).

Hotel yang terpilih harus menerapkan standar baku keselamatan atau SOP seperti penyemprotan disinfektan di setiap pintu masuk. Selain itu sanitasi harus baik, ada pengaturan jarak fisik, serta meminimalkan pelayanan secara langsung.

“Para tenaga medis juga akan melewati beberapa tahap seperti pengecekan suhu badan, alat pelindung diri (APD). SOP khusus dalam menjalankan tugas sehari-hari baik di departemen yang bertemu langsung maupun tidak, penyediaan makanan dan housekeeping,” kata dia.

Selain kamar, Kemenpar juga menyediakan aksesibilitas bagi tenaga medis selama menjalankan tugas mereka. Untuk keperluan ini, Kemenpar menggandeng sejumlah perusahaan transportasi seperti BlueBird, White Horse Group, hingga Panorama.

Adapun petugas medis yang berhak mendapat fasilitas tersebut di antaranya dokter, perawat, pekerja rumah sakit, pengemudi ambulans, hingga pembawa kereta jenazah. “Kerja sama ini tidak hanya sebagai upaya penanganan saja tapi juga membantu menjaga industri perhotelan,” kata dia. (jpg)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...