Pelihara Tanaman, Berkebun Bisa Halau Kebosanan Saat Physical Distancing

FAJAR.CO.ID— Kebijakan pemerintah terkait physical distancing atau work from home (WFH) tidak mudah untuk dijalani. Apalagi ketika masih dalam usia produktif, berdiam diri di rumah merupakan hal yang membosankan.

Namun, terdapat beberapa aktivitas yang dapat menghilangkan kejenuhan tersebut ketika sedang berada di rumah, yakni dengan berkebun. Bukan hanya menghalau kebosanan, tapi juga bisa menambah ilmu pengetahuan.

“Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menanam pohon di pekarangan rumah, itu bisa membantu mengendalikan emosi selama di social distancing,” kata Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof. dr. Purnawan dalam Telekonferensi Pers, Minggu (29/3).

Bagi para orang tua ataupun yang lanjut usia, selain berkebun, menghabiskan waktu berkualitas di dalam rumah bersama keluarga tercinta pun bisa menjadi solusi, misalnya bermain bersama keluarga yang biasanya jarang didapatkan. “Perhatikan cucu juga bisa,” tutur dia.

Meskipun begitu, diperlukan kesadaran untuk lebih waspada akan penyakit tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa masyarakat yang lanjut usia, seperti kakek atau nenek memiliki kerentanan untuk terjangkit Covid-19, di mana cucu dapat menjadi carrier bagi orang di sekitarnya.

Dalam mencegah penyebaran lebih luas, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

“Masyarakat harus tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19 itu,” tutup dia. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...