PMI-Yamaha Kerahkan 300 Relawan Semprot Pemukiman Warga

Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal MI saat memberikan pengarahan kepada relawan--fajar.co.id

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– PMI Kota Makassar berkolaborasi dengan Yamaha menggelar operasi penyemprotan disinfektan ke seluruh kecamatan di Kota Makassar. Aksi ini dilakukan guna membersihkan pemukiman warga dari wabah Covid-19.

Bertajuk Yamaha – PMI Peduli ‘Bersama Semakin di Depan Kita Cegah Corona’, kegiatan ini melibatkan 300 relawan dari berbagai unsur organisasi sosial, ormas, perguruan tinggi, perangkat Kelurahan dan Kecamatan serta segenap lapisan masyarakat.

Seperti sebelumnya, PMI Kota Makassar yang dikomandoi Syamsu Rizal MI telah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas umum, mulai dari perkantoran, transportasi umum, rumah ibadah, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, area wisata, sekolah, Lapas dan lainnya.

Sementara pada aksi lanjutan ini, PMI dan Yamaha akan melakukan operasi di pemukiman warga. Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI menargetkan 50 ribu rumah tangga akan disemprot disinfektan dan selesai selama sepekan.

“Kita fokus per hari dua kecamatan. Selama satu minggu operasi ini akan rampung menyemprot 50 ribu rumah tangga,” terang Deng Ical di kantor PMI Makassar, Minggu (29/03/2020).

Deng Ical memastikan semua petugas semprot akan dilengkapi APD standar seperti helm, baju pelindung, sarung tangan, kaca mata, masker, hingga sepatu boot. Masing-masing petugas akan membawa alat semprot berisi 16 – 18 liter cairan disinfektan.

Tak hanya itu, petugas semprot juga telah terlatih dan sesuai standar PMI dalam penanganan Covid-19. Hal tersebut perlu dilakukan, demi menjaga keselamatan masyarakat, relawan hingga petugas itu sendiri.

Relawan di lapangan tidak hanya melakukan penyemprotan tapi juga turut mengedukasi masyarakat agar aware kepada anjuran pemerintah demi percepatan penanganan virus pandemik ini.

“Tujuan psikologisnya adalah memastikan seluruh warga tetap semangat, agar mereka merasa tidak sendiri menghadapi corona serta agar mereka memiliki kepercayaan untuk bertahan dan melindungi diri serta keluarganya,” pungkas Deng Ical.

Sementara itu, Tim Promosi Yamaha, Airlangga menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk CSR Yamaha untuk membantu pemerintah dan masyarakat memerangi Corona.

“Bentuk tanggung jawab kami kepada masyarakat agar mereka terhindar dari wabah ini. Sebelumnya kami mandiri melakukan penyemprotan. Kali ini kolaborasi dengan PMI,” ujar Airlangga.

Yamaha juga akan menggandeng komunitasnya di Makassar untuk turut ambil bagian dalam kegiatan sosial ini. Guna memberi pemahaman kepada masyarakat akan ancaman nyata Covid-19 ini. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...