Daftar Negara yang Belum Terjangkiti Virus Corona

Yaman membantah klaim kelompok pemberontak Houthi yang meyebut virus Corona merebak di wilayah Hajjah. Foto/Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Virus corona (COVID-19) telah melanda ratusan negara. Laman Worldometers pada Senin (30/3) mencatat jumlah kasus COVID-19 di seluruh dunia sudah mencapai 721.412 dengan angka kematian 33.956 jiwa.

Namun, ada sejumlah negara yang hingga saat ini masih aman dari pandemi global itu. Sejauh ini terdapat setidaknya 22 negara yang belum terjangkiti virus mematikan tersebut.

Negara-negara yang tercatat belum memiliki kasus COVID-19 itu ada di Afrika, Asia dan Oceania. Bisa jadi, keputusan sejumlah negara menutup pintu masuk sebelum terjangkiti COVID-19 menyelamatkan mereka dari wabah itu.

Yaman Negeri di Timur Tengah ini memiliki populasi sekitar 29 juta jiwa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan saat ini tidak ada kasus COVID-19 di negeri yang tengah berkonflik itu.

Namun, perwakilan WHO di Yaman tetap berupaya mempersiapkan diri jika ternyata ada kasus COVID-19 di negeri yang beribu kota di Sanaa tersebut. “Kami meningkatkan upaya kesiapsiagaan dan respons ketika ada kasus terkonfirmasi,” kata seorang perwakilan WHO di Yaman kepada Arab News.

Korea Utara Negeri berpenduduk sekitar 25 juta jiwa ini mengaku masih steril dari virus corona meski sudah mengarantina 10 ribu warganya. Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un juga dikabarkan telah meninggalkan Pyongyang untuk menghindari wabah corona.

Malawi Negara di Afrika dengan populasi 19 juta jiwa ini tampak sudah bersiap-siap mencegah corona. Presiden Malawi Peter Mutharika telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional untuk mencegah penularan.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar