DPRD Makassar Minta Langkah Konkret Pemerintah Cegah Penularan Corona di Lapas

DPRD Makassar Minta Langkah Konkret Pemerintah Cegah Penularan Corona di Lapas

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Di tengah situasi darurat penyebaran virus Covid-19 yang semakin masif, nasib para penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan) menjadi sorotan masyarakat.

Merujuk dari anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan nampaknya sulit diterapkan bagi tahanan dan narapidana, melihat kondisi lapas yang mayoritas kelebihan kapasitas penghuni.

Sehingga potensi penyebaran corona di tempat-tempat seperti ini sangat besar. Jika satu orang saja yang terpapar virus, maka penularannya akan cepat terjadi.

Menyoroti kenyataan itu, Anggota DPRD Kota Makassar, Kasrudi mendesak pemerintah khususnya di Kota Makassar untuk memberi jaminan kesehatan kepada seluruh warga binaan.

Karena jika tidak diperhatikan, ia khawatir ke depan akan menjadi masalah baru dan pemerintah akan kewalahan menanganinya.

"Misalnya warga binaan ini dimasifkan sosialisasi hidup bersih, ruang tahanan disemprot disinfektan, dianjurkan cuci tangan, disediakan cairan pembersih tangan khusus," jelas Kasrudi saat dihubungi fajar.co.id, Senin (30/03/2020).

Selain adanya sosialisasi pihak Lapas juga harus menyediakan wadah bagi tahanan untuk menerapkan hidup bersih. Seperti terjamin adanya air bersih yang terus mengalir serta diperhatikannya asupan gizi dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

"Mereka ini kan hidupnya dibatasi. Sangat rentan tertular virus corona. Satu saja yang terpapar corona maka akan cepat ditularkan ke yang lain. Ini yang mesti menjadi perhatian pemerintah. Jangan sampai memunculkan masalah baru," tegas politisi Gerindra ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...