Jelang Ramadan Sembako Melejit, PD Pasar Sebut Ada Spekulan

Ilustrasi bahan pokok

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Menjelang Ramadan, beberapa komoditi merangkak naik. Mulai dari telur, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, hingga bawah putih.

Melihat ini, Direktur Utama PD Pasar, Basdir mengatakan ada beberapa hal yang menjadi alasan bahan pokok makanan naik. Salah satunya adanya spekulasi yang bermain.

“Jadi sebenarnya bahan-bahan pokok naik itu karena ada spekulan yang bermain jelang Ramadan, sehingga dia sengaja menimbun barangnya dan ketika barang sudah mahal dan mulai langka, baru dikeluarkan dengan harga yang mahal pula,” ucapnya pada fajar.co.id, Senin (30/3/2020).

Meskipun begitu, ia mengaku telah melakukan sidak di beberapa pasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Kita sudah sidak sebenarnya. Cuma pas kita sidak, harga di pasaran itu normal tapi setelah itu naik lagi harganya,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, tidak hanya terjadi penimbunan barang, tapi di tengah kondisi saat ini yang meresahkan hingga membuat khawatir masyarakat karena covid-19, mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah.

“Ditambah sekarang kondisi begini, banyak masyarakat yang beli banyak istilahnya memborong, membeli bahan makanan pokok untuk persiapan yang cukup lama, karena sekarang kan kita dianjurkan untuk tidak keluar rumah,” ungkapnya. (qyswanty/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...