Masyarakat Wajo Bersatu Lawan Covid 19

Masyarakat Wajo Bersatu Lawan Covid 19

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wajo meminta dukungan masyarakat untuk mengantisipasi penularan virus corona atau covid-19. Dengan cara lockdown atau isolasi diri dirumah, adalah langkah cerdas.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, setelah mengisolasikan diri dirumah, masyarakat harus melakukan langkah pencegahan penularan virus ini.

Pertama, memcuct tangan dengan benar dan teratur. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Kedua, penggunaan masker. Utamanya bagi orang yang sakit. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Ketiga, menjaga daya tahan tubuh.Untuk menjaga daya tahan tubuh. Masyarakat disarankan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, makanan berprotein, seperti telur, dan ikan.

Keempat, menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan corona virus. Corona virus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Atas nama Pemkab Wajo, Amran berharap masyarakat menahan diri beraktifitas diluar rumah dengan mematuhi segala himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kamu dirumah saja. Percayakan kepada kami keselamatan anda,” harapnya. (man)

Surat Edaran Pemkab Wajo

• Penundaan Sementara Kegiatan yang Melibatkan Interaksi Banyao Orang dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19 di Wajo.

• Pengurus Masjid di Wajo untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan bersih.

• Sosialisasi dan Pengawalan Pencegahan Penularan Covid-19, Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan pendampingan.

• Sosialisasi dan Pengawalan Pencegahan Penularan Covid-19, Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat melakukan pendampingan.

• Secara resmi menetapkan pemberlakuan Presensi Mobile Wajo dalam rangka pengawasan kehadiran ASN di Wajo.

• Himbauan kepada masyarakat muslim terkait pelaksanaan ibadah di masjid dilaksanakan untuk sementara rumah.

• Pembentukan Gugus Tugas percepatan penanganan penyakit Corona virus disease.

• Pengawasan Kehadiran ASN yang bertugas di kantor dalam lingkup Pemkab Wajo.

• Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di rumah baik secara daring maupun luring.

• Penyesuaian sistem kerja ASN dalam rangka pencegahan penularan covid-19 dilingkup Pemkab Wajo. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...