Sidang Tanpa Terdakwa dan Jaksa, Begini Ceritanya

Senin, 30 Maret 2020 16:40

Suasana sidang via teleconference di PN Sungguminasa. Wajah terdakwa dan JPU dihadirkan dalam sebuah layar, dan sidang b...

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA –Sidang kasus pencurian ponsel di kantor Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa, Senin (30/3/2020) yang dipimpin majelis hakim Sigit Priatmojo berlangsung di kantor Pengadilan Negeri (PN) Sungguminasa, Senin (30/3/2020). Ishak menjadi terdakwa dalam sidang tersebut.

Namun ada yang berbeda dari suasana sidang itu. Terdakwa Ishak tidak dihadirkan dalam ruang sidang. Begitu pun jaksa penuntut umum (JPU).

Aparat kepolisian bertubuh kekar dan bersenjata yang biasanya berdiri untuk berjaga-jaga dalam ruang sidang, kini tidak terlihat.

Persidangan dilakukan via teleconference menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings. Terdakwa tak perlu lagi datang ke kantor pengadilan. Begitupun dengan jaksa dan polisi.

Hal itu merupakan dampak dari penyebaran virus covid-19, yang saat ini tengah menyebar. Bahkan telah masuk ke Kabupaten Gowa.

“Ini pertama kita lakukan. Selain untuk mengurangi massa, juga untuk antisipasi penyebaran virus itu,” kata Hakim Ketua sekaligus Juru Bicara PN Sungguminasa, Sigit Priatmojo kepada fajar.co.id.

Kata dia, sidang teleconference yang pertama ini digelar di tiga lokasi. Diantaranya Majelis Hakim berada di PN Sunggumimasa, Jaksa Penuntut Umum (JPU) berada di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa, dan terdakwa berada di Rutan Kota Makassar.

Untuk menghadirkan saksi, lanjut Sigit, itu tetap dihadirkan di ruang sidang. Hal itu perlu untuk meminta kejelasan dalam keterangan yang disampaikan oleh saksi.

Bagikan berita ini:
1
4
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar