Cegah Covid-19, Ini yang Dilakukan Keimigrasian Sulbar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Dalam rangka Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19) di Sulbar, Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulbar telah melakukan beberapa langkah antisipasi.

Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Sulbar, Wishnu Daru Fajar mengatakan potensi penyebaran virus corona yang dinilai cukup berbahaya saat ini menjadi perhatian tersendiri untuk keimigrasian yang ada di Sulbar. Terutama pemantauan maupun pendataan lalulintas para WNA yang datang dari negara terjangkit seperti Cina, Italia dan lainnya.

“Berdasarkan hasil pendataan warga negara asing di Provinsi Sulbar periode sampai dengan Maret 2020, diketahui ada sebanyak 52 warga negara asing, dengan ITAP (izin tinggal tetap) sebanyak 5 orang, ITAS (izin tinggal terbatas) 34 orang, dan ITK ( izin tinggal kunjungan) 13 orang,” ujar Wishnu.

Selain itu upaya pencegahan Covid-19 dijajaran keimigrasian Sulbar, yakni melakukan refocusing anggaran untuk belanja keperluan pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 seperti pengadaan masker, sanitizer, penyemprotan disinfectan, serta menyediakan wastafel pada ruang pelayanan.

Sesuai SE Ditjenim terbaru, pelayanan keimigrasian seperti paspor dibatasi bagi orang yang urgent dengan alasan kesehatan. Bagi para pemohon di kantor-kantor imigrasi diwajibkan untuk cuci tangan dengan sabun pada fasilitas wastafel yang dibuat secara khusus dalam rangka pencegahan covid 19.

“Kami juga membuka layanan mendesak melalui telepon help desk, work from home, periksa suhu tubuhnya petugas dan pengguna jasa Kantor Imigrasi , serta turun langsung ke UPT Kanim untuk opastikan cegah covid 19,” tutupnya. (hms)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...