Menikah Dua Kali dengan Orang Sama

Selasa, 31 Maret 2020 16:07

Eddies Adelia menikah lagi setelah empat tahun bercerai.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ferry Setiawan dan Eddies Adelia menikah lagi setelah empat tahun bercerai. Keduanya kembali mengucap akad nikah pada 25 Maret 2020 di salah satu hotel di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Dalam hukum islam, pasangan suami istri yang telah resmi bercerai dan melewati masa iddah (masa haid tiga kali) tidak bisa rujuk. Pasangan tersebut harus menikah ulang dengan ijab kabul seperti sedia kala.

“Pertama, ketika ada seseorang cerai dia punya kesempatan dua kali rujuk. Kalau udah talak 3 bercerai dia harus menikah dulu baru balik ke suami yang lama itu hukum rujuk,” ujar ustad Solmed, Selasa (31/3/2020).

“Masa waktu rujuk dalam Al quran itu dijelaskan selama masih dalam waktu 3 kali haid, orang bilang 3 bulan. Rujuk dalam waktu 3 kali haid itu tidak perlu menikah lagi. Cukup suaminya mengucapkan rujuk atau melakukan cumbuan itu diperkenankan. Tapi kalau udah lewat masa 3 kali suci ya harus nikah lagi kaya nikah ulang pertama kali (menikah),” lanjutnya.

Rujuk sebetulnya bisa dilakukan tanpa menikah (ucap akad). Cukup dengan mantan suami mengucap atau dan atau dengan bercumbu sebagai penanda.

Sementara, jika sudah menjatuhkan talak dan bercerai dalam waktu yang lama, mantan pasangan suami istri diwajibkan harus melangsungkan akad ulang.

Bagikan berita ini:
5
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar