Proyek Besar Solskjaer

Skuat Ole Gunnar Solskjaer/Stu Forster/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Ole Gunnar Solskjaer punya rencana besar membangun kekuatan Manchester United. Pemain bintang berharga triliunan siap ia datangkan di bursa transfer musim panas mendatang.

ADA dua nama yang saat ini diklaim sudah ditulis Solskjaer dalam daftar belanjang Setan Merah. Kedua pemain tersebut adalah gelandang serba bisa Atletico Madrid, Saul Niguez dan pemain sayap kanan Borussia Dortmund, Jadon Sancho.

Menurut laporan Metro, Solskjaer sudah memutuskan hanya akan membeli pemain sayap kanan dan gelandang tengah musim panas ini setelah klub memastikan nasib striker Odion Ighalo. Penyerang Nigeria itu tampil mengesankan sejak dipinjam dari Shanghai Shenhua dan MU bersedia mempermanenkannya.

Untuk memiliki Ighalo, MU hanya membutuhkan biaya sekitar 15 juta poundsterling atau sekitar Rp303 miliar. Angka itu jauh lebih sedikit daripada yang dianggarkan Solskjaer untuk seorang striker musim panas ini. Artinya, ada banyak sisa uang yang bisa ia gunakan memperkuat area lain dari skuat MU.

Sancho yang tampil luar biasa dua musim terakhir di Dortmund dianggap sebagai penandatanganan yang paling sempurna di posisi winger kanan. Selain tajam, ia juga sangat lihai memberi assist. Kehadirannya jelas bisa memanjakan Ighalo, Marcus Rashford, ataupun Anthony Martial.

Tapi, United harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menandatangani bintang Inggris tersebut. Pasalnya, Die Borussen, julukan Dortmund tidak akan bersedia melepas berlian mereka di bawah 120 juta poundsterling atau sekitar Rp2,4 triliun.

Uang lebih besar mesti disiapkan MU untuk Saul. Pemain yang menandatangani kontrak sembilan tahun yang mencengangkan bersama Atletico pada 2017 itu memiliki klausul pembelian 135 juta poundsterling atau sekitar Rp2,7 triliun. Namun, Daily Star mengklaim United siap menebus klausul tersebut.

Pemain timnas Spanyol itu sudah masuk radar MU sejak era pelatih Louis van Gaal. Namun, dua kali upaya United mendatangkan pemain berusia 25 tahun selalu berakhir dengan kegagalan. Atletico selalu menolak melego bintang lini tengahnya.

Namun, MU kali ini lebih serius. Pihak United dilaporkan sudah datang langsung menyaksikan aksi Saul melawan Liverpool di Anfield awal Maret lalu. Mereka pun terkesan dengan penampilan pemain timnas Spanyol itu dan siap merekrutnya musim panas mendatang.

Laporan lain dari Times, Solskjaer memburu Saul untuk menjadi pendamping Bruno Fernandes. Itu karena Setan Merah sudah siap melego Paul Pogba. Opsi lain jika Saul gagal mereka boyong adalah membeli kapten Aston Villa, Jack Grealish. Pemain berusia 24 tahun itu berharga sekitar 70 juta poundsterling dan nasibnya kini tergantung pada posisi Villa di Premier League. (amr)

PROYEK SOLSKJAER

KONTEN BERSPONSOR

Komentar