Tolak Lockdown, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko Minta Warganya Minum Vodka

Presiden Alexander Lukashenko. (AP:Associated Press)

FAJAR.CO.ID, BELARUSIA– Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko menolak memberlakukan penguncian (lockdown). Sang presiden punya kiat sendiri untuk mengatasi pandemi virus corona. Dia meminta warganya untuk minum vodka dan ikut sauna saja.

Alexander Lukashenko mengklaim vodka dan sauna dapat menyembuhkan virus corona yang mematikan. Dia mengabaikan kekhawatiran tentang Covid-19 dan menolak untuk memerintahkan warganya dikunci seperti dilansir dari The Sun, Selasa (31/3).

Dalam beberapa pekan terakhir, Lukashenko menyarankan agar warga Belarusia minum 50 ml vodka dalam sehari untuk menangkal virus. Sang pemimpin itu secara konsisten menolak peringatan keras yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Karena sebagian besar negara memberlakukan langkah-langkah tegas untuk mengekang penyebaran Coronavirus. Lukashenko juga menyarankan sarapan tepat waktu adalah cara terbaik untuk tetap sehat.

Lukashenko justru menggambarkan tindakan pencegahan yang diikuti oleh negara-negara di seluruh dunia sebagai kegilaan dan psikosis. Pada Kamis pekan lalu, Belarusia mencatat ada 51 kasus positif yang dikonfirmasi di negara itu.

“Belarusia tidak menderita psikosis yang sama dengan yang ada di Eropa Barat,” katanya.

Penyelenggara sepakbola Belarusia mengatakan mereka tidak berniat menunda pertandingan atau membatalkan musim. Pemimpin negara itu juga telah menunjukkan bahwa ia ingin olahraga terus berlanjut.

Mantan bintang Arsenal dan Barcelona Alexander Hleb bahkan mengakui bahwa tidak ada yang peduli tentang virus mematikan di tanah kelahirannya. Lukashenko juga bersumpah bahwa Belarus akan tetap merayakan Hari Kemenangan negara mereka pada 9 Mei.

Komentar

Loading...