Fulus Bintang Tergerus Virus

Lionel Messi / AFP

FAJAR.CO.ID, TURIN—Wabah virus corona membuat klub-klub mengencangkan ikat pinggang mereka. Imbasnya, para pemain bintang bergaji miliaran harus ikut berkorban untuk menyelamatkan keuangan klub.

KLUB tidak punya opsi lain selain memangkas gaji pemainnya di tengah merebaknya COVID-19.  Tanpa pendapatan dari karcis pertandingan dan hak siar, mereka otomatis akan kesulitan memenuhi kewajiban membayar upah pemain.

Sebagai pemain bintang, sosok seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, hingga Kylian Mbappe “dipaksa” memahami situasi sulit ini. Messi misalnya, menurut Transfermarkt, ia adalah pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Sesuai data itu, Barca harus membayar kira-kira 131 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun kepada Messi untuk kontraknya saat ini. Dengan pemotongan gaji sang superstar, Raksasa Catalan tentu akan sangat terbantu mengatasi kesulitan keuangan mereka.

Sebelumnya, sejumlah media melaporkan bahwa Messi dan kapten Barca lainnya menolak pemotongan gaji yang diminta klub. Namun, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menegaskan itu tidak betul. Bartomeu mengatakan Messi setuju dengan pemotongan gaji itu.

Barca mengkonfirmasi pemotongan upah besar-besaran untuk membantu klub selama pandemi coronavirus. Para pemain mengalami pengurangan gaji sebesar 70 persen. Itu untuk membantu keuangan klub dan memastikan semua karyawan dapat membawa pulang secara penuh upah mereka.

Bartomeu mengatakan Messi tidak pernah menentang keputusan Barca untuk melakukan pemotongan gaji. “Messi mengatakan kepada saya sejak hari pertama bahwa pengurangan ini harus dilakukan,” kata Barto kepada SPORT.

Menurut Bartomeu, berita bohong itu sangat tidak beralasan karena fakta yang terjadi sebaliknya. “Proposal ini datang dari kapten. Ini menunjukkan komitmen mereka kepada klub,” tegas Bartomeu dikutip dari Goal.

Messi mengeluarkan pernyataan atas nama para pemain Barca pada hari Senin, yang segera dibagikan oleh anggota lain dari skuat tim utama. Ia menegaskan mereka siap menerima keputusan klub demi membantu Barca dan stafnya selama lockdown nasional.

La Liga dan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) sejauh ini setuju bahwa sepak bola profesional hanya akan dilanjutkan jika ada garansi dari pihak berwenang. Itu karena penyelenggara liga dan EFEF, tidak ingin mengambil risiko membahayakan masyarakat.

“RFEF dan La Liga menyetujui penangguhan kompetisi sepak bola profesional sampai otoritas yang berkompeten dari pemerintah Spanyol menyatakan bahwa itu dapat dilanjutkan dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan,” demikian pernyataan RFEF.

Bukan sekadar menggerus fulus (uang)i, virus corona juga membuat masa depan bintang berupah selangit kini tak jelas. Cristiano Ronaldo yang diperkirakan mendapat bayaran 118 juta euro atau sekitar Rp2,1 triliun susai kontrak menurut laporan MARCA bisa meninggalkan Si Nyonya Tua.

Ronaldo sudah setuju pemotongan dan tidak terima gaji bersama rekan setimnya hingga Juni untuk membantu Juventus di tengah krisis keuangan ini. Akan tetapi, masa depan jangka panjangnya kini dalam spekulasi akibat krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Menurut Il Messaggero, krisis yang terjadi saat ini bisa mempengaruhi gaji tinggi yang diterima Ronaldo dari Bianconeri. Kapten tim nasional Portugal tersebut menurut laporan itu menerima 31 juta euro per tahun sejak tiba di Turin dua tahun lalu.

Dalam situasi serba sulit dan tanpa pemasukan seperti sekarang ini, angka itu jelas sangat besar. Makanya, bukan mustahil kalau Juventus tidak bisa memenuhi tuntutan gajinya terus menerus setelah krisis virus berakhir.

Makanya, laporan tersebut menyebutkan ada dua skenario terkait masa depan Ronaldo. Pertama, ia bisa pindah ke luar negeri dengan imbalan setidaknya 70 juta euro. Kedua, dengan kontraknya yang akan berakhir dalam dua tahun, ia bisa tinggal sampai 2022 atau memperbarui kontraknya untuk satu musim lagi. (amr)

Pemain dengan bayaran tertinggi di dunia versi Transfermarkt
1 – Lionel Messi (FC Barcelona): 131 juta euro (Rp2,3 triliun)

2 – Cristiano Ronaldo  (Juventus): 118  juta euro (Rp2,1 triliun)
3 – Neymar (Paris Saint-Germain): 95 juta euro (Rp1,7 triliun)
4 – Gareth Bale (Real Madrid): 38 juta euro (Rp685 miliar)
5 – Antoine Griezmann (FC Barcelona): 38 juta euro (Rp685 miliar)
6 – Eden Hazard (Real Madrid): 38 juta euro (Rp685 miliar)
7 – Andres Iniesta (Kobe): 34 juta euro (Rp612 miliar)
8 – Raheem Sterling (Manchester City): 33 juta euro (Rp594 miliar)
9 – Robert Lewandowski (Bayern Munchen): 29 juta euro (Rp522 miliar)
10 – Kylian Mbappé (Paris Saint-Germain): 27 juta euro (Rp486 miliar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...