Kondisi Pasien Covid-19, Kadis Kesehatan: 75 Persen Membaik

Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kondisi pasien Covid-19 di Sulsel mengalami peningkatan dengan kesehatan yang baik. Sejauh ini sudah ada 66 orang yang dinyatakan positif virus corona di Sulsel.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan hampir 75 persen pasien positif Covid-19 mengalami proses penyembuhan yang cukup signifikan.

“Setelah berkoordinasi dengan dokter dan rumah sakit, hampir 75 persen mengalami perbaikan kesehatan. Lima yang meninggal ini tidak murni Covid-19 mereka punya penyakit penyerta,” kata Ichsan saat teleconfrence dengan media, Rabu (1/4/2020).

Dirinya meminta masyarakat tidak perlu panik dan memberikan stigma negatif bagi mereka yang dinyatakan positif, PDP atau OPD.

Sebagai salah seorang yang dinyatakan positif Covid-19, Ichsan mengakui jika menerapkan pola hidup sehat dan menjaga sistem imun. Dalam 14 hari, maka niscaya kesembuhan akan datang dengan sendirinya.

“Saya sejak awal dinyatakan terpapar sampai sekarang masih tetap sehat. Memang masih sedikit yang sehat, sampai saat ini baru 4 orang. Karena kita baru mulai 19 Maret kemarin. Sementara butuh waktu 14 hari lebih untuk pemantauan dan pemeriksaan laboratorium,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ichsan juga menceritakan kisahnya yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Meski tinggal serumah dengan anak dan istrinya, hanya dirinya yang dinyatakan positif Covid-19.

“Saya ini beraktivitas di lantai satu, istri dan anak-anak saya di lantai dua. Kalau mau makan, mereka menyiapkan di tangga. Yang penting adalah jaga jarak dan kepatuhan kita menjalankan protokol penanganan Covid-19,” pungkasnya. (Mirsan/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...