Perang Lawan Covid-19, Daun Tin Ampuh Dijadikan Senjata Andalan

Daun dan buah tin di Rumah Bibit Karuwisi. Daun dan buahnya dipercaya ampuh meningkatkan imun tubuh.

FAJAR.CO.ID — Virus corona telah mewabah di seantero dunia, tak terkecuali di nusantara. Bahkan di Indonesia, pemerintah telah mengumumkan sebanyak 1677 orang terjangkit virus ini per tanggal 1 April 2020.

Wabah corona virus disease 2019 (covid-19) begitu menakutkan bagi sebagian orang. Namun, bagi mereka yang memiliki sistem imun yang kuat, virus ini dengan mudah bisa dihadapi.

Dengan mengonsumsi teh daun tin bisa meningkatkan sistem imun. Seorang dokter di Serang (Banten) yaitu dr Sukarno Hendro mengatakan bahwa manfaat daun tin bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.

Hal ini juga diperkuat melalui hasil riset seorang peneliti India bernama Vikas V Patil pada tahun 2010. Ia mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibodi dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, penggunaan daun tin bisa menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Salah seorang pehobi tanaman di Makassar, Nursam, mengungkapkan bahwa pohon tin merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah dikembangkan di Indonesia.

“Iklim di Makassar sangat cocok untuk budidaya tanaman ini. Saya kebetulan mengembangkan tanaman ini sejak dua tahun lalu. Dan sejak setahun lalu pohonnya rutin berbuah,” kata pemilik Rumah Bibit Karuwisi ini. (bs-sam)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar