Sekretaris Fraksi Golkar Sulsel Usul Pemilihan Kepala Daerah Lewat DPRD

Ince Langke

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pilkada serentak 2020 dipastikan tertunda. Kapan pelaksanaanya, belum disepakati, namun hampir pasti di tahun 2021.

Meski begitu, DPD I Golkar Sulsel punya pandangan berbeda. Melihat kondisi sekarang, pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD sudah harus dipikirkan.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sulsel, Ince Langke. Menurut dia, penundaan Pilkada langsung membuat jalannya pemerintahan di daerah tidak maksimal.

“Menurut saya, Pilkada kembali di DPRD harus dipertimbangkan. Apalagi, sudah sesuai demokrasi pancasila dalam UUD 1945. Sebagai model demokrasi pilihan kita dan bukan Demokrasi liberal,” ungkapnya, Rabu, 1 April 2020.

Tidak hanya itu, menurutnya, pilkada langsung menguras begitu banyak energi bangsa. Dari segi anggaran, misalkan saat bangsa ini sedang konsentrasi menghadapi wabah Covid-19 yang sungguh berat.

“Semangat dari penundaan ini kan agar tidak ada kerumunan masyarakat. Jika kembali ke DPRD, itu bisa meminimalisir semua itu,” sambung politikus asal Selayar ini.

Jika Pilkada langsung, lanjutnya, gesekan di tengah masyarakat sangat kencang. Bahkan kadang menelan korban.

“Mari semua kita berpikir rasional dan realistis. Momentum ini juga sebagai konsolidasi demokrasi Pancasila, sebagai demokrasi yang sesuai dengan akar budaya kita,” tambah Wakil Ketua DPD I Golkar Sulsel itu. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...