73 Staf Rumah Sakit Positif Corona, 318 Diisolasi

Petugas medis di Spanyol/PA/Nur Photo

FAJAR.CO.ID, LONDON—Lebih dari 70 staf di Rumah Sakit Great Ormond Street dinyatakan positif mengidap coronavirus. Profesor University College London, Anthony Costello yang juga mantan direktur kesehatan ibu dan anak di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lewat twitter mengatakan, ia telah menerima email internal yang mengatakan 73 anggota staf dari 181 di rumah sakit London telah dites positif.

Ia juga mengatakan bahwa 318 pekerja diisolasi di rumah karena mereka, atau seseorang di rumah mereka, menunjukkan gejala. Semua ini menurutnya banyak disebabkan oleh keterbatasan alat pelindung diri (APD).

“Seorang informan memberi tahu saya. Jarak sosial di rumah sakit adalah fiksi. Kekhawatiran saya adalah tentang penggunaan masker di area rumah sakit non-klinis. Banyak anggota tim melakukan serah terima di ruang kantor kecil tanpa menggunakan masker,” ungkapnya dikutip dari Metro.

Berita itu muncul setelah British Medical Association mengklaim ribuan dokter dan perawat masih belum dilengkapi dengan APD yang memadai. Lebih dari 2.300 orang telah meninggal di Inggris setelah tertular virus, dengan lebih dari 22.000 telah terinfeksi.

Staf NHS menyatakan frustrasi bahwa mereka dipaksa untuk melakukan isolasi sendiri karena tes tidak tersedia untuk menunjukkan apakah mereka bersih dari penyakit. Diperkirakan bahwa ribuan yang saat ini tidak bekerja dapat kembali jika mereka diuji negatif.

Sementara itu, foto yang diambil pada hari yang sama di gedung terpisah di Chessington World of Adventures menunjukkan tempat itu hampir kosong. Padahal, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pengujian.

Great Ormond Street mempekerjakan lebih dari 4.000 staf dan menangani 268.000 pasien setiap tahun. Bos rumah sakit baru-baru ini membatasi jumlah pengunjung dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...