Cendekiawan Muslim Ini Ajak Semua Ahli Gotong Royong Lawan Corona

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Upaya penanganan virus corona akan lebih mudah jika dikerjakan secara gotong royong, supaya bisa secara cepat diselesaikan secara bersama-sama.

Mantan Dewan Pakar ICMI Pusat Andi Yuslim Patawari mendorong organisasi kedokteran dan para medis, dilibatkan di garda terdepan sebagai sumber referensi ilmiah sesuai keahlian.

Selain itu, para pengusaha, jurnalis/media, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemangku adat, tokoh pemuda, dan elemen lainnya yang mempunyai kapasitas untuk membantu wajib terlibat aktif.

Partisipasi semua pihak sangat dibutuhkan untuk terlibat aktif sesuai kapasitas masing-masing sebagai tanggung jawab bersama.

“Virus Covid-19 adalah musuh yang nyata namun tidak kelihatan langsung. Dengan dilibatkannya para ahli di bidangnya masing-masing untuk memberi informasi yang benar agar semua pihak dapat terlibat memotong kontaminasi Virus Covid 19,” jelas Andi Yuslim Patawari dalam keterangan tertulis yang diterima fajar.co.id, Rabu (01/04/2020).

Lebih lanjut Mantan ketua DPP KNPI menuturkan, masyarakat harus melihat peristiwa ini secara jernih bahwa Tuhan yang maha kuasa tidak akan memberi cobaan di luar kemampuan hambanya.

“Dengan adanya Virus Covid 19 ini adalah ujian bersama bagi kita agar sikap empati gotong royong terhadap sesama sebagai konsekwensi mahluk sosial kita semua adalah saudara dalam kemanusiaan walaupun ada perbedaan dalam beragama,” paparnya lagi.

Ia juga menyoroti prihal insiden penolakan pemakaman jenazah yang terinfeksi virus corona yang terjadi di sejumlah daerah.

Andi Yuslim Patawari mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk menyadari bahwa penolakan tersebut jelas keliru.

“Bagaimana perasaan keluarga kita kalau ada yang meninggal namun ditolak pemakamannya disuatu tempat padahal terlibat dalam mengurus jenazah adalah fardhu kifayah dalam ajaran islam,” tegasnya.

Ia juga mendesak aparat negara TNI/Polri, ASN sebagai alat negara sebagai pemimpin bersama untuk menjalankan SOP sesuai Protokol kesehatan, serta masyarakat harus terlibat memberi kontribusi dengan mengikuti anjuran pemerintah.

“Jika aktvis dan relawan kemanusiaan yang mempunyai kepedulian dilibatkan maka saya yakin badai ini segera berlalu,” tutup Andi Yuslim. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...