FT UNM Makassar Produksi Massal Tenda Sterilisasi

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan alat automatic sterilization chamber sebagai langkah untuk menekan angka sebaran corona virus disease 2019 (covid-19). Alat ini diproduksi oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elektornika, Fakultas Teknik.

Alat canggih ini bisa digunakan untuk membersihkan pakaian petugas medis yang menangani pasien corona. Dekan Fakultas Teknik UNM, Prof Yahya, mengatakan, alat ciptaan mahasiswanya ini baik untuk membersihkan alat pelindung diri (APD) yang digunakan oleh petugas medis.

“Alat ini dilengkapi dengan empat nozel untuk mengaburkan cairan desinfektan dan dilengkapi dua sensor sehingga dapat bekerja secara otomatis,” kata Yahya, Kamis, 2 April 2020.

Ke depan, dia juga akan membuat alat pelindung muka yang dapat digunakan oleh petugas medis yang bisa melindungi wajah saat berinteraksi dengan pasien virus corona

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Husain Syam memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang memiliki inovasi membuat alat yang bisa membantu menekan sebaran virus corona ini. Guru besar bidang pertanian ini juga menyebut akan melakukan produksi massal alat semprot otomatis ini jika dianggap baik.

“Kalau memang dianggap bagus dan memberi manfaat serta sesuai harapan, UNM akan melakukan produksi massal dan akan disumbangkan kepada instansi-instansi kesehatan yang membutuhkan,” ujar Husain yang juga mantan Dekan FT UNM itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...