Kebijakan PSBB, Jokowi Beri Waktu 2 Hari Menkes Terawan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

FAJAR.CO.ID, JAkARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan jajarannya untuk satu visi terkait kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan kedaduratan masyarakat, dalam menghadapi virus corona (Covid-19).

Jokowi pun meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen), untuk mengatur lebih rinci soal penerapan PSSB di daerah.

“Menkes segera mengatur lebih rinci dalam Permen apa kriteria daerah-daerah yang bisa diterapkan PSBB,” kata Jokowi dalam rapat terbatas lanjutan antisipasi mudik 2020 melalui video conference, Istana Bogor, Kamis (2/4).

Kepala negara mengharapkan, Permen itu dapat selesai dalam dua hari terakhir. Hal ini agar daerah lebih memahami kebijakan PSBB yang diinginkan pemerintah pusat. “Saya minta dalam watku maksimal dua hari Peraturan Menteri itu bisa selesai,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menyatakan, kedaruratan kesehatan masyarakat dan PSBB dari pemerintah pusat pada tingkat gubernur, bupati/wali kota dan kepala desa harus sejalan. Kebijakan ini harus satu visi untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19.

“Satu cara yang sama dalam menyelesaikan persoalan yang kita hadapi sekarang ini. Rujukannya sudah jelas, prosedurnya juga sudah jelas,” tukas Jokowi. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...