Maksimalkan Pembelajaran Jarak Jauh, Kemendikbud Luncurkan Program Guru Berbagi

Kamis, 2 April 2020 15:40

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Selama pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah menangguhkan seluruh proses belajar mengajar di sekolah dan dialihkan belajar di rumah.

Menyiasati kebijakan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Guru Berbagi untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan jarak jauh pada masa darurat Covid-19.

Melalui laman guruberbagi.kemdikbud.go.id, guru dan penggerak pendidikan dapat saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan inspirasi praktik baik pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh saat dianjurkan untuk belajar dan mengajar dari rumah.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK) Supriano mengatakan program ini bisa dimanfaatkan bagi seluruh guru untuk bertukar informasi dan saling berbagi semangat positif.

Selain itu, para tenaga pengajar juga bisa lebih kreatif dalam memberi materi pelajaran kepada siswanya, sehingga meski tidak ada pembelajaran tatap muka, kualitas belajar tetap terjaga.

“Laman ini juga bisa menjadi ruang bagi guru untuk saling berbagi semangat positif dan strategi pembelajaran yang kreatif, sehingga guru tetap dapat melakukan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan sembari membantu sesama yang masih beradaptasi dalam situasi yang tidak mudah ini,” papar Plt. Dirjen GTK Supriano melalui keterangan tertulis yang diterima fajar.co.id, Kamis (2/4/2020).

Supriano menambahkan, laman ini hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik baik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (learning from home) atau selama masa darurat.

Komentar


VIDEO TERKINI